Tim Satgas Pangan Provinsi Maluku dipimpin Dir Krimsus Polda setempat, Kombes Pol Eko Santoso, melakukan inspeksi mendadak (Sidak)  ke tingkat distributor guna mengecek ketersediaan barang dan mengantisipasi adanya aksi pembelian barang secara berlebihan (Panic Buying).

"Direktorat Reskrimsus selaku satgas pangan bersama instansi terkait turun langsung melakukan pengecekan ke distributor yang ada di Kota Ambon dalam rangka antisipasi Panic Buying sekaligus mengantisipasi stok pangan untuk ketersedian akibat COVID-19," kata Dir Krimsus Kombes Pol Eko Santoso di Ambon, Senin.

Menurut dia, sebagai imbas dari mewabahnya virus corona membuat pemerintah mengimbau masyarakat melakukan social distancing sehingga dikhawatirkan terjadinya panic buying.

"Jadi kami berupaya berpatroli untuk mencegah terjadinya panic buying," ujar Eko.

Dia mengatakan, patroli ini bertujuan untuk mengecek persediaan kebutuhan pokok masyarakat.

"Kami mengimbau pengunjung minimarket untuk tetap tenang dan tidak melakukan panic buying," kata Eko.

Aksi pembelian barang secara berlebihan oleh masyarakat biasanya terjadi ketika timbul persoalan serius yang membuat kepanikan dan kekhawatiran akan berkurangnya stok bahan kebutuhan pokok di pasaran.

Misalnya ketika terjadi gempa bumi tektonik 26 Septeber 2019 lalu, warga berbondong-bondong menyerbu tempat-tempat penjualan bahan kebutuhan pokok sebagai persediaan.

Saat ini kondisi psikologys warga dihantui lagi dengan penyebaran virus corona dan diperburuk lagi dengan adanya pasien positif terpapar virus COVID-19 tersebut di Kota Ambon dan yang lainnya dalam status OPD maupun PDP.

 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020