Operasional bandara internasional Pattimura Ambon berjalan normal, tidak ada penutupan penerbangan seperti yang diberitakan.

"Terkait informasi penutupan bandara Pattimuta, bersama ini disampaikan sampai saat ini bandara dan seluruh penerbangan masih beroperasi normal, kata humas Angkasa Pura I Bandara Pattimura Ambon, Adityia Wibisono, Jumat.

Dikatakannya, operasional bandara tetap berjalan seperti biasa, tetapi diberlakukan pengamanan ekstra ketat bagi penumpang yang datang maupun berangkat dari bandara.

PT Angkasa Pura I bandara Pattimura Ambon katanya, meningkatkan upaya pencegahan penyebaran virus COVID -19.

Pihaknya telah memasang alat thermo scanner guna mendeteksi suhu tubuh penumpang untuk mencegah penyebaran virus Corona, dan memastikan daerah tujuan aman dan terhindar dari penyebaran virus.

"Langkah koordinasi telah dilakukan dengan instansi terkait yakni Kantor Kesehatan Pelabuhan, dengan tujuan mengantisipasi pencegahan penularan Virus Corona, bagi penumpang yang masuk melalui pintu kedatangan," tandasnya.

pihaknya juga menerapkan sistem yakni setiap penumpang yang datang wajib mengisi formulir Health Alert Card (riwayat perjalanan, riwayat kesehatan, dll) terutama dari wilayah terdampak.

Selain itu dilakukan disinfektansi pesawat setiap penumpang yang akan naik ke pesawat, disinfektansi contact point dan area yang digunakan atau dilalui penumpang secara terus menerus menggunakan alat thermo scanner dan thermo gun.

Ia menjelaskan, petugas juga melakukan pembersihan secara berulang dan menyeluruh terhadap seluruh fasilitas di bandara, seperti bangku penumpang, eskalator, lift, juga trolly. 

Selain itu, melakukan sterilisasi pada area yang sering disentuh penumpang dengan melapisinya menggunakan cairan disinfektan (pembasmi kuman).

"Kamu juga menambah banyak fasilitas handsanitizer pada area-area yang mudah dijangkau penumpang, " ujarnya. 


 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020