Kepolisian Daerah Maluku Utara (Malut) bersinergi dengan Pemprov Malut, Korem 152/Babullah, Pemerintah Kota Ternate, dan Instansi terkait melaksanakan apel kesiapan penyemprotan secara masif dan serentak dalam rangka meminimalisir COVID-19.

Kapolda Malut, Brigjen Pol Drs Rikwanto di Ternate, Rabu, meminta dalam penyemprotan ini tidak terlalu fokus pada satu tempat saja, namun harus menyebar di seluruh penjuru agar semua dapat tersemprot hingga ke daerah yang sulit terjangkau.
Kapolda Malut, Brigjen Pol Drs Rikwanto saat mengecek Alat Pelindung Diri petugas penyemprotan disinfektan (Abdul Fatah)

"Pada saat melakukan penyemprotan agar menggunakan alat pelindung diri yang memenuhi persyaratan, dan APD yang telah digunakan nanti sesuai SOP harus dimusnahkan serta setelah selesai melakukan penyemprotan agar mensterilkan diri masing-masing," tegas Kapolda.

Selain itu, Kapolda mengimbau kepada masyarakat di Malut agar dapat mematuhi kebijakan pemerintah dan maklumat Kapolri untuk tidak mengadakan kegiatan yang dapat menimbulkan banyak orang karena dapat menyebabkan penyebaran virus semakin cepat.

Kapolda Malut yang juga mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini mengajak kepada masyarakat untuk mencegah penyebaran Virus Corona selain dengan penyemprotan cairan desinfektan juga dapat dilakukan dengan upaya-upaya lain yang positif.

Dia menekankan, bahwa dalam mencegah penyebaran virus ini selain penyemprotan desinfektan, juga bisa menerapkan upaya-upaya pencegahan seperti menghindari pertemuan yang menghadirkan massa, jaga stamina imunitas kita masing-masing, selalu jaga jarak terhadap sesama, gunakan masker saat berkomunikasi, melakukan olahraga terukur dan asupan gizi yang cukup. Kemudian selalu rajin cuci air dengan sabun di air yang mengalir, selalu menjaga kebersihan diri, rumah, lingkungan sekitar tempat tinggal, serta diharapkan kepada masyarakat khususnya Malut apabila merasa ada gejala flu, demam, panas seperti gejala virus agar segera melaporkan atau berobat di rumah sakit yang menjadi RS rujukan.

Sementara itu, Danrem 152/Babullah Ternate menyampaikan imbauan kepada masyarakat Malut untuk lebih disiplin dalam mematuhi kebijakan pemerintah untuk tetap diam di rumah.

"Saya harapkan semua penduduk Maluku utara lebih disiplin lagi agar tidak terkena Virus Corona, semuanya tetap di rumah dan kami pemerintah serta TNI-Polri sudah memberikan himbauan tentang masalah penyebaran Virus Corona tersebut agar tidak kumpul-kumpul di tempat keramaian," ujar Danrem.

Penyemprotan dilaksanakan dengan menggunakan 4 kendaraan water cannon Polri dan kendaraan pemadam kebakaran 3 unit serta alat semprot tabung untuk peserta penyemprotan.

Lokasi penyemprotan ini yaitu di Salero sampai bandara, perempatan Grand Majang sampai depan RRI, depan BI sampai Kalumata, perempatan Grand Majang sampai Polsek Ternate Selatan, Salero sampai pasar Higenis dan Landmark, Kota Baru sampai pelabuhan Bastiong, dan depan kompi sampai Tubo dan lokasi-lokasi yang diperlukan penyemprotan.

Sebelumnya, penyemprotan desinfektan secara serentak seluruh Indonesia pada jam 09.00 Wib untuk Indonesia bagian barat, pukul 10.00 wita untuk Indonesia bagian tengah dan untuk Indonesia bagian timur termasuk Malut dilaksanakan pukul 11.00 Wit, Selasa (31/3) kemarin.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020