Tim Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), membentuk empat kelurahan tangguh di daerah itu, guna mengantisipasi masuknya penyebaran pandemi COVID-19.

"Pertemuan yang dilakukan oleh Tim Satgas Covid-19 dengan pemerintah kelurahan guna membahas pembentukan kelurahan tangguh di Kota Ternate," kata Sekertaris Percepatan Penanganan COVID - 19 Kota Ternate,M. Arif Abdul Ghani di Ternate, Jumat.

Pembentukan empat kelurahan tangguh COVID-19 yang diprioritas di Kota Ternate, seperti Kelurahan Bastiong Talangame, Kampunng Makassar Timur, Gamalama dan Kelurahan Kota Ternate.

Menurut dia, hal ini dilakukan sebagai langkah upaya dari pemerintah untuk memutus mata rantai, penyebaran virus mematikan itu yang masuk di daerah ini, mengingat empat kelurahan itu di Kota Ternate, berada di pusat keramaian dan pintu masuk masyarakat dari luar ibu kota Provinsi Malut..

Selain itu, melalui pembentukan kelurahan tangguh COVID-19, dapat menyosialisasikan kepada masyarakat bahayanya virus itu, sehingga bersama-sama dengan pemerintah menangani dan melawan virus tersebut.

Sedangkan, Lurah Gamalama, Muhammad Iksan mengapresiasi tim Satgas COVID-19 Kota Ternate, karena melibatkan pemerintah kelurahan untuk bersama-sama memerangi penyebaran virus corona.

"Kami di kelurahan Gamalama akan membentuk tim Satgas di jajaran bawah, karena didukung oleh Babinsa dan Babinkamtibmas serta RT dan RW,untuk dapat memantau setiap pendatang yang masuk maka akan dilakukan pendataan.

Dia berharap dengan adanya pembentukan kelurahan tangguh COVID-19, dapat didukung dengan penganggaran dari Pemkot Ternate, sehingga  dapat menyediakan bahan cairan disinfektan untuk dilakukan penyemprotan di setiap lingkungan warga setempat.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020