Komando Daerah Militer (Kodam)  XVI/Pattimura bekerja sama dengan Kepolisian Daerah (Polda) Maluku membuka dapur umum yang menyediakan makanan secara gratis untuk warga terdampak pandemi virus corona jenis baru (COVID-19) di Kota Ambon.

"Dapur umum yang menyediakan makanan ini, kita bangun untuk dapat membantu masyarakat yang keseharianya susah mendapatkan rezeki akibat dampak virus corona ini," kata Kapolda Maluku Irjen Baharudin Djafar di Ambon, Selasa.

Pembukaan dapur umum di halaman Mapolsek Pelabuhan Ambon, Senin, (13/4) malam itu, dihadiri Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Marga Taufiq, Waka Polda Maluku Brigjen Pol Teguh Sarwono, kepala Satuan Brimob Polda Maluku, kepala Polresta Ambon, Kodim 1504/Ambon, dan para pejabat utama Kodam XVI Pattimura serta Polda Maluku.

Pada Selasa siang, dibuka dapur umum bagi masyarakat di halaman Mapolresta Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease, di mana kegiatan itu dihadiri warga sekitar maupun mereka yang melintas di kawasan itu.

Kapolda menjelaskan pembukaan dapur umum untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Polda Maluku bersama Kodam XVI/Pattimura juga menyiapkan ratusan paket bahan kebutuhan pokok secara gratis untuk warga Maluku, khususnya di Kota Ambon, yang dinilai membutuhkan barang tersebut.

"Jadi untuk membantu masyarakat ini, bukan hanya pelayanan dapur umum saja yang kami siapkan bersama Panglima dan jajarannya, akan tetapi ratusan paket sembako juga akan dibagikan nantinya," ujar Kapolda

Sebelumnya, Kapolda Baharudin Djafar secara langsung turun ke lapangan untuk membagikan paket bantuan bahan kebutuhan pokok dan masker kepada para pengemudi perahu cepat, ibu-ibu penjual makanan dan kue, sopir mobil rental, serta masyarakat di sekitar kompleks Pelabuhan Tulehu, Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon), Kabupaten Maluku Tengah.

Langkah serupa juga dia lakukan kepada para pengemudi becak, tukang ojek, dan masyarakat di sekitar IAIN Kebun Cengkeh, Ambon.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020