Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IX Ambon mulai menggalakkan program ketahanan pangan bagi seluruh personel bersama keluarganya sebagai salah satu langkah mengantisipasi dampak penyebaran pandemi COVID-19.

Program ketahanan pangan melalui aksi penanaman berbagai tanaman produktif pada lahan kosong yang ada di pekarangan rumah dinas kesatrian markas komando (Mako) Lantamal di Halong, Kecamatan Baguala, kota Ambon dipimpin langsung komandan Lantamal Ambon Laksamana Pertama TNI Budi Purwanto, Rabu.

Danlantamal menyatakan program ketahanan pangan yang dilaksanakan berupa penanaman tanaman mengandung karbohidrat serta berbagai sayuran untuk memenuhi kebutuhan gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Pemberdayaan lahan kosong yang berada di sekitar Mako Lantamal IX dan halaman masing-masing kantor Satuan kerja (Satker) serta halaman rumah dinas Ksatrian, melibatkan seluruh personel bersama keluarganya dengan menanam beraneka tanaman antara lain umbi-umbian, jagung, sayuran serta membuat kolam ikan yang nantinya dapat dipanen dan dikonsumsi keluarga.

Kegiatan ini sengaja dilaksanakan sebagai tindak lanjut menghadapi dan mengantisipasi dampak merebaknya pandemi COVID-19 di berbagai daerah di tanah air, jika penyebarannya berkepanjangan.

"Program ini juga merupakan bagian dari sistem peringatan dini terkait kecenderungan kebutuhan pangan yang akan terus meningkat dari hari ke hari, sehubungan penyebaran COVID-19," ujarnya.

Ketahanan pangan adalah terpenuhinya kebutuhan bahan pangan dalam jumlah yang cukup, tersedia setiap saat, mudah memperoleh, aman dikonsumsi dan harga yang terjangkau.

Program tersebut juga untuk mengisi waktu senggang personel bersama keluarganya dalam memanfaatkan kebijakan kerja dari rumah.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020