TNI kembali menyalurkan bantuan 20 koli Alat Perlindungan Diri (APD) dari Gugus Tugas Nasional untuk diserahkan kepada Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Maluku Utara (Malut) yang diangkut menggunakan Pesawat Boeing 737 Nomer Registrasi A-7305 TNI-AU.

Kapenrem 152/Babullah Mayor Inf Iriono melalui siaran pers yang diterima Antara, Minggu, mengatakan pengiriman ini merupakan tahap ketiga bantuan dari Gugus Tugas Nasional kepada Gugus Tugas Provinsi dalam rangka penanggulangan COVID-19 di Malut.

Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pusat menyalurkan bantuan 3.000 APD untuk penanganan di wilayah Malut tiba pada Sabtu (11/4) menggunakan pesawat Boeing 737 TNI-AU.

Sebelumnya, Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malut Ali Yau menyatakan pihaknya mendapatkan bantuan dari Gugus Tugas COVID-19 Pusat satu set APD terdiri dari baju dan celana, ada 60 koli. Satu koli isi 50, jadi totalnya 3.000 set.

Bantuan itu setelah diturunkan dari pesawat, terlebih dahulu dilakukan serah terima dari Danrem 152/Babullah yang diwakili Kasrem 152/Babullah Letkol Kav Tri Sugiarto kepada Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara Idhar Sidi Umar, kemudian APD tersebut disimpan ke Gudang Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 Maluku Utara yang selanjutnya disalurkan ke Faskes maupun kabupaten/kota sesuai keperluan.

Menurut dia, bantuan Gugus Tugas Nasional kepada Gugus Tugas Provinsi Malut itu tak hanya APD, tetapi juga ada 6.000 lembar masker dan tiba di Bandara Sultan Babullah dari Jakarta dengan Jumlah bantuan masing-masing, 3.000 pcs APD (60 koli) dan 6.000 pcs masker (3 koli).

APD bantuan Gugus Tugas Pusat, kata Ali Yau, sebelum didistribusikan disimpan dulu di Gugus Tugas COVID-19 Malut. "Sebelum didistribusikan ke RS rujukan se-Malut, kita akan berkoordinasi dulu dengan Dinas Kesehatan setempat," kata Ali.

Dia menyatakan bantuan ini menjadi bantuan yang kedua dikirim Tim Gugus Tugas COVID-19 Pusat, yang pertama tiba pada awal April lalu.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020