Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku Utara (Malut) menyatakan berdasarkan hasil pengolahan data dan informasi dari Dinas Kesehatan kabupaten/kota dan KKP kelas III Ternate, pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Malut meningkat jadi 41 orang.

"Hari ini, kami telah menerima hasil laboratorium dari Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Makassar, di mana yang terkonfirmasi positif 15 orang dan yang negatif 28 orang, sehingga dengan pasien positif sebelumnya 26 orang, maka Malut saat ini miliki pasien COVID-19 41 orang," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf melalui konferensi pers di Sahid Bella Hotel Ternate, Kamis.

Sebelumnya, Diskes Malut mengirim 54 specimen swab ke Makassar, yakni 43 spesimen baru dan 11 spesimen follow up hasil pengobatan.

Dia menyatakan, untuk sebaran kasus terkonfirmasi positif sebanyak 15 orang itu, terdiri dari Kota Ternate 10 orang di antaranya ABK KM Doloronda delapan orang, Kabupaten Pulau Morotai 4 orang, Halmahera Utara 1 orang. 

Alwia menyatakan, dengan adanya tambahan 15 orang terkonfirmasi positif COVID-19 di Malut ini, maka Kota Ternate memiliki pasien terkonfirmasi positif sebanyak 20 orang, Tidore Kepulauan 12 orang, Pulau Morotai empat orang, Halmahera Utara tiga orang, Halmahera Selatan dan Halmahera Barat masing-masing satu orang.

Sedangkan, untuk jumlah Orang Tanpa Gejala 482 orang atau terjadi pengurangan tiga orang, karena terkonfirmasi positif COVID-19 bersama Orang Dalam Pengawasan (ODP) berjumlah 189 orang berkurang 16 orang secara kumulatif dan enam orang terkonfirmasi positif COVID-19 serta 10 orang telah selesai masa pemantauan selama 14 hari.

Untuk pemeriksaan rapid test sampai dengan hari ini telah dilaksanakan kepada 1.804 orang dan didapatkan hasil 97 orang reaktif yaitu 40 orang OTG, 32 ODP dan 4 orang PDP, serta 21 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit, sedangkan 1707 orang dengan hasil nonreaktif.

"Saat ini mereka yang dirawat di RSU Chasan Boesoerie Ternate sebanyak 15 kasus positif COVID-19 termasuk satu orang terkonfirmasi positif dari Demak serta 1 orang kasus PDP dan yang menjalankan karantina di Sahid Hotel sebanyak delapan pasien terkonfirmasi positif COVID-19, OTG 31 orang, ODP 10 dan 1 PDP dan yang menjalankan karantina di Sahid sebanyak 88 pasien tidak konfirmasi positif 31 orang 10 orang dan 1 PDP," kata Alwia.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020