Pemerintah Kota (Pemkot) Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) akan menutup seluruh aktivitas transportasi antarpulau selama 14 hari guna mengantisipasi mewabahnya virus COVID-19 di daerah tersebut.

"Tentunya, dengan adanya penutupan transportasi laut ke Tidore dan ke Ternate tersebut akan berdampak secara ekonomi kepada masyarak
Aktivitas transportasi antar-pulau Ternate-Tidore (Abdul Fatah)
at luas, sehingga pemkot bersama tim Gugus Tugas COVID-19 telah menghitung kemampuan keuangan daerah untuk membantu biaya hidup masyarakat yang terdampak langsung selama satu bulan," kata Wawali Kota Tikep, Muhamad Senin dihubungi dari Ternate, Rabu.

Menurut dia, Pemkot Tikep akan menanggung biaya hidup masyarakat selama satu bulan, akibat dari penutupan jalur laut masuk dan keluar Tidore. 

Meskipun penutupan hanya selama 14 hari atau pada 14-27 Mei 2020 tetapi pemerintah tanggung biaya hidup masyarakat satu bulan, sedangkan untuk PNS, anggota TNI, Polri, pengusaha dan pensiunan tidak diberikan.

Dia menjelaskan, masing-masing Kepala Keluarga (KK) akan mendapat bantuan biaya hidup dalam bentuk barang sebesar Rp665.000 dari jumlah keseluruhan sebesar Rp12.389.000.615,”

Olehnya itu, dirinya berharap semua pihak untuk saling mendukung dan bekerjasama serta keikhlasannya untuk mengatasi dan mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Kota Tikep, apalagi saat ini sudah ditemukan kasus transmisi lokal positif Covid-19 di Ternate, sehingga membutuhkan kewaspadaan dan upaya cepat untuk mencegah wabah tersebut.

Sementara itu, Sekkot Tikep, Asrul Sani Soleman mengakui, sesuai hasil keputusan rapat menjelaskan, penutupan jalur laut tersebut tidak termasuk jalur Loleo – Tidore dan Sofifi-Tidore.

Olehnya itu, dari total 33.111 Kepala Keluarga (KK) Tikep yang berhak mendapat bantuan biaya hidup akibat penutupan jalur selama 14 hari tersebut sebanyak 18.631 KK setelah dikurangi jumlah KK dari PNS, TNI, Polri, pengusaha dan pensiunan, sehingga masing-masing KK akan mendapat bantuan biaya hidup dalam bentuk barang sebesar Rp 665.000 dari jumlah keseluruhan sebesar Rp12.389.000.615.


 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020