Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Maluku Utara (Malut)  menyebutkan dari hasil pemeriksaan 37 spesimen di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKL-PP) Manado, pasien positif COVID-19 di provinsi itu bertambah 11 orang.

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf di Ternate, Selasa mengatakan 37 hasil spesimen dari BTKL-PP Manado hasilnya terkonfirmasi positif melalui Polymerase Chain Reaction (PCR) 37 spesimen, terkonfirmasi positif COVID-19 sebanyak 11 orang, sehingga secara keseluruhan Malut memiliki 118 pasien positif COVID-19.

"Untuk penambahan 11 orang terkonfirmasi positif ini berasal dari Kota Ternate lima orang, Halmahera Selatan empat orang, Halmahera Selatan dan Morotai masing-masing satu orang dan saat ini ada tiga orang dinyatakan sembuh," katanya.

Dia mengatakan,  dari 10 spesimen yang dikirim, tiga pasien terkonfirmasi positif COVID-19 dinyatakan sembuh yakni pasien 014 Zulfikar asal Tidore Kepulauan dan pasien 034 serta pasien 036 merupakan ABK KM Dorolonda dan ketiganya telah dipulangkan dari tempat karantina.

Dari tiga orang sembuh ini, maka tercatat ada 17 orang dinyatakan sembuh dan  lima orang meninggal.

Alwia mengemukakan,  hasil pemeriksaan rapid test kepada 4.980 orang dan didapatkan 241 orang reaktif yakni 98 Orang Tanpa Gejala (OTG), 45 Orang Dalam Pemantauan (ODP), delapan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan 90 pelaku perjalanan dari daerah terjangkit, sedangkan 4.739 orang dengan hasil rapid test non reaktif.

Jumlah OTG sebanyak 972 orang terjadi penmbahan secara signifikan sebanyak 114 orang, terutama di Halmahera Barat dan Tidore Kepulauan karena terjadinya tracking kontak terhadap pasien positif COVID-19.

Sedangkan ODP mencapai 70 orang atau berkurang enam orang dari Halmahera Selatan, Halut, Morotai dan Ternate, karena selesai masa pemantauan 14 hari, PDP mencapai 32 orang, atau terjadi penambahan 14 orang dari Ternate dan Tidore Kepulauan.

Saat ini menjalani perawatan di RSU Chasan Boesoerie Ternate 21 orang dengan rincian lima orang terkonfirmasi positif COVID-19 dan 15 orang PDP serta menjalani karantina di Sahid Hotel Ternate sebanyak 64 orang dengan rincian 53 pasien terkonfirmasi positif COVID-19, OTG dua orang, satu PDP dan delapan orang pelaku perjalanan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020