Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy mengatakan, dalam menangani pencegahan dan penyebaran pandemi COVID-19 maka seluruh jajaran kepolisian di Indonesia agar tetap memperhatikan standar operasional prosedur (SOP)yang berlaku.

"Agar jajaran membuat berbagai inovasi terkait pencegahan dan penyebaran COVID-19, selanjutnya  guna mendukung semua arah kebijakan pemerintah," kata Wakapolri saat memimpin video confrence dengan seluruh Kapolda di Indonesia, Selasa.

Di hadapan para kapolda jajaran, Wakapolri membahas masalah pandemi COVID-19 dan SOP terkait pencegahan penyebaran virus corona yang ada agar dilaksanakan betul, terutama SOP untuk petugas keamanan.

Wakapolri juga berpesan agar jangan cepat puas diri dengan apa yang dicapai dan jangan membuat kegiatan-kegiatan yang kontraproduktif, serta kedepankan tindakan yang humanis.

Video confrence yang digelar di Aula Rupatama Mapolda Maluku ini turut dihadiri Wakapolda Maluku Brigjen Pol Jan de Fretes, Irwasda serta para pejabat utama polda.

Menanggapi pesan Wakapolri serta para pejabat utama Mabes Polri, Kapolda Maluku Irjen Pol Baharuidn Djafar meminta agar apa yang disampaikan ini agar dilaksanakan.

"Saya berharap apa yang disampaikan Wakapolri dapat dilaksanakan dengan baik terkhusus bagi Polda jajaran," ujarnya.

Terkait program duduk bacarita kamtibmas Polda Maluku, Kapolda menjelaskan kegiatan ini mendapat tanggapan positif dari Mabes Polri.

"Saya berharap agar jajaran dapat melakukan kegiatan serupa sehingga bisa  menampung aspirasi dari masyarakat," ujarnya.

Khusus menyangkut peringatan Hari jadi Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada 1 Juli 2020, Kapolda meminta kepada jajarannya untuk tidak menerima bantuan dalam bentuk apapun.

"Bagi jajaran Polda Maluku, tidak boleh meminta bantuan dalam bentuk apa pun, bahkan dari siapa pun dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara," tegasnya.


 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020