Gugus Tugas (Gustu) Percepatan  Penanganan COVID-19 Maluku Utara (Malut) menyatakan, berdasarkan pemeriksaan laboratorium PCR BBLK Makassar sebanyak empat spesimen seluruhnya negatif sehingga  tidak ada penambahan kasus pasien positif COVID-19 di daerah ini. 

"Selama dua hari ini, angka pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di Malut tidak mengalami penambahan ," kata Jubir Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Malut, dr Alwia Assagaf di Ternate, Senin.

Dia menyatakan, sebelumnya, dari hasil pemeriksaan melalui laboratorium PCR BBLK Makassar sebanyak 14 spesimen  untuk diagnosis, ternyata semuanya juga negatif , sehingga tidak ada penambahan kasus pasien positif di Malut dan jumlahnya tetap 953 orang.

Untuk jumlah kasus sembuh juga tidak bertambah yakni sebanyak 123 orang. Begitu juga  dengan jumlah kasus meninggal masih sama dengan angka sebelumnya yakni sebanyak 32 orang.

Selain itu, Gustu Malut mencatat, untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) sebanyak  1.411 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) 100 orang dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) 38 orang.

Untuk pemeriksaan tes cepat  sampai 6 Juli 2020  telah dilaksanakan kepada 12.267 orang dan didapatkan hasil penambahan tiga orang reaktif, semuanya merupakan OTG sedangkan 11.017 orang dengan hasil  non reaktif. 

Dia menambahkan, sebanyak 44 orang menjalani perawatan di RSUD Chasan Boesoerie Ternate, ternyata 23 orang diantaranya kasus positif COVID-19 dan 21 orang ODP. Karantina di Sahid Hotel sebanyak 67 orang dengan rincian 67 pasien terkonfirmasi positif, satu orang PDP dan dan tiga orang berstatus OTG.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020