Kapolda Maluku Irjen Pol Baharudin Djafar mengapresiasi upaya Polresta Pulau Ambon dan Pulau - Pulau Lease maupun warga Dusun Taeno Bawah, Desa Rumah Tiga, yang bersama - sama  mewujudkan kemandirian ketahanan pangan.

"Semoga kegiatan-kegiatan seperti ini bisa terus dilaksanakan secara konsisten dan berkesinambungan demi terwujudnya masyarakat produktif mewujudkan ketahanan pangan," katanya,  di Ambon, Kamis.

Hal itu disampaikan Kapolda saat menghadiri kegiatan panen raya, tebar benih, serta bakti sosial pemberian bantuan kepada masyarakat terdampak COVID-19 melalui video conference.

Kota Ambon saat ini sementara diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), di mana ada pembatasan pada kegiatan tertentu masyarakat guna menekan dan memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Hal ini tentu saja akan berdampak pada sulitnya pemenuhan kebutuhan ekonomi keluarga khususnya bahan kebutuhan pokok.

"Meski pun demikian kondisinya, saya sangat yakin dan menaruh harapan yang besar pada Kampung Tangguh Nusantara, Dusun Taeno Bawah ini karena telah berupaya sendiri untuk memenuhi kebutuhan pokoknya," ujar Kapolda.

Dalam menghadapi wabah virus corona ini, Kapolda juga tidak bosan-bosannya mengingatkan semua pihak untuk senantiasa menjaga kebersihan, baik diri maupun lingkungan.

"Gunakan masker, hindari kerumunan dan jaga jarak (physical distancing), serta berolah raga secara teratur, istirahat yang cukup dan cukupi asupan gizi untuk lebih meningkatkan imunitas tubuh," kata Kapolda.

Selain itu, ada hal yang paling penting dan tidak boleh diabaikan yaitu selalu berdoa, memohon petunjuk dan perlindungan dari Allah SWT, serta meningkatkan kualitas iman lewat kegiatan-kegiatan ibadah.

"Saya mengharapkan dukungan dan bantuan seluruh lapisan masyarakat secara bersama aparat TNI-Polri dan pemerintah, berjuang untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona," ujar kapolda.

Tetaplah patuh dan taat terhadap peraturan pemerintah serta senantiasa mematuhi protokol kesehatan yang ada demi kebaikan bersama.

Dusun Taeno Bawah merupakan Kampung Tangguh Nusantara dan menjadi kampung binaan Polresta Pulau Ambon, adalah bukti nyata keseriusan Polri dalam membantu meringankan beban masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok lewat program peningkatan ketahanan pangan serta upaya bersama dalam memerangi dan memutus mata rantai penyebaran wabah corona.

Sementara, profil Kampung Tangguh Nusantara Dusun Taeno Bawah berjumlah 214 KK, sementara Luas Areal Pertanian sekitar 25 hektare, memiliki Posyandu, Sekolah Dasar, dan ada gabungan kelompok tani 'Mekar' dan merupakan gapoktan teladan Kota Ambon.

Selain peluncuran Kampung Tangguh Nusantara, Dusun Taeno Bawah, dilaksanakan juga panen sayur terong dan penanaman bibit jagung.

Ada juga varietas tanaman pertanian yang telah ditanam sebelumnya pada delapan titik di areal seluas enam hektar antara lain, ubi kayu, pisang, terong, cabe, tomat, ketimun, pare dan nenas.

Hasil bumi ini akan sangat membantu meringankan beban masyarakat terutama dalam pemenuhan bahan kebutuhan pokok di masa pandemi COVID-19.

Kegiatan yang digelar di Dusun Teano, Desa Rumah Tiga di Ambon, Kamis, ini juga dihadiri Wakapolda Brigjen Pol Jan de Fretes, Kabid Humas dan sejumlah pejabat utama polda.


 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020