Penjualan pernak-pernik perayaan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 2020 di Kota Ambon sepi.

Hasil pantauan di kawasan Jl. Jenderal Sudirman, Kota Ambon, Selasa, terlihat sejumlah pedagang musiman di beberapa lokasi di pinggir jalan sedang duduk di samping barang dagangan yang dipajang, baik bendera merah putih berbagai ukuran, umbul-umbul, bekron, dan bandir, berbagai warna dan ukuran.

"Penjualan masih sepi. Warga yang datang hanya dua tiga orang saja sambil melihat-lihat lalu pergi," kata pedagang yang berjualan di dekat SPBU Kebun Cengkih, Desa Batu Merah, Ibeh.

Menurut dia, pada 2019 kondisi 10 hari menjelang HUT Proklamasi RI banyak barang dagangannya yang laku, namun sekarang ini sepi sekali.

"Saya bersama lima orang teman datang dari Garut untuk berjualan asesoris HUT Proklamasi RI di Ambon," katanya.

"Mudah-mudahan tinggal beberapa hari lagi jualan kami bisa terjual, terutama bendera bendera merah putih berbagai ukuran,"  kata Ibeh, yang sudah berada di Kota Ambon sejak 29 Juli 2020.

Dia mengatakan, harga yang ditawarkan cukup terjangkau yakni untuk umbul-umbul panjang 2,70 meter dijual seharga Rp35.000/buah, bekron panjang delapan meter Rp300.000/buah, bandir ukuran 3,8 meter Rp70.000/buah.

Sedangkan untuk bendera merah putih dijual bervariasi yakni Rp5.000 hingga Rp60.000/lembar tergantung ukuran yang diinginkan.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020