Pemuda Katolik (PK) Komisariat Cabang (Komcab) Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, mengibarkan Bendera Merah Putih dalam rangka memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 di Pulau Nukaha, salah satu pulau kecil dan tak berpenghuni di sebelah timur pulau Fordata, gugusan Kepulauan Tanimbar, Senin (17/8).

Pantauan Antara, pengibaran Bendera Merah Putih dilaksanakan tepat pada pukul 10.00 WIT, dalam rangkaian acara "Sentuhan Merah Putih dari Nukaha untuk Kepulauan Tanimbar dan Untuk Indonesia " yang dihadiri Bupati setempat, Petrus Fatlolon bersama Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kepulauan Tanimbar maupun sejumlah pimpinan SKPD.

Menurut ketua panitia acara tersebut, Yeri Rangkore, peserta upacara terdiri dari 400 orang pemuda Katolik, Angkatan Muda Gereja Protestan Maluku, perwakilan TNI-Polri dari Pangkalan TNI AL Saumlaki, Batalyon Infanteri 734/Satria Nusa Samudera, dan Polsek Fordata. Selain itu hadir pula Camat Fordata dan rombongan serta perwakilan pemerintah desa di wilayah itu.

Bupati Petrus Fatlolon bertindak selaku inspektur upacara dan tiga orang wanita pengibar bendera yang berasal dari OMK Paroki Hati Kudus Yesus Olilit Barat seperti Vena Oratmangun, Inke Futwembun dan Ines Batfutu.

Tiga wanita yang telah berpengalaman mengibarkan bendera ini ditunjuk untuk mengibarkan bendera dengan ukuran panjang 2,90 cm dan lebar 90 cm di pulau yang akan dikembangkan oleh Pemkab setempat sebagai salah satu destinasi pariwisata ini.

"Kegiatan ini bertujuan untuk membina karakter kaum muda Tanimbar, meningkatkan semangat nasionalisme kaum muda Tanimbar untuk mencintai Tanimbar dan Indonesia, mempromosikan adat dan budaya Tanimbar dan mempromosikan Pulau Nukaha sebagai salah satu destinasi wisata Kabupaten Kepulauan Tanimbar" kata Yeri.

Ia mengungkapkan, rangkaian kegiatan itu dimulai dari tanggal 15 - 17 Agustus 2020 di beberapa desa di Kecamatan Fordata, Kabupaten Kapulauan Tanimbar.

Bukan hanya pengibaran Bendera Merah Putih di Pulau Nukaha pada tanggal 17 Agustus, panitia telah mengagendakan beberapa jenis kegiatan yang akan dilakukan yakni pembinaan karakter pemuda yang dilaksanakan di Desa Awear pada tanggal 15 Agustus 2020.

Selain itu, Vigili Kemerdekaan yang dilaksanakan di Desa Romean pada tanggal 16 Agustus 2020.

 

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020