Manajemen Perusahaan tambang PT Nusa Halmahera Minerals  (NHM) akan membeli komoditas milik masyarakat desa kawasan lingkar tambang dalam upaya meningkatkan aktivitas ekonomi warga setempat.

Perwakilan Indotan Halmahera Bangkit PT NHM, Amin Anwar, di Ternate,  Senin, mengatakan, pertemuan dengan masyarakat disepakati bahwa pihaknya siap membeli produksi masyarakat lingkar tambang, baik hasil pertanian maupun  perikanan sesuai kebutuhan pihak perusahan.

"Kami telah melakukan pertemuan bersama perwakilan pemerintah desa di lingkar tambang. PT. NHM berkomitmen membeli produksi  komoditi masyarakat sesuai dengan kebutuhan perusahaan," ujarnya.

Pertemuan dengan perwakilan pemerintah desa di tiga kecamatan lingkar tambang di Jakarta pada beberapa waktu lalu dan dihadiri Presiden Direktur (Presdir) PT Indotan Halmahera Bangkit, H Robert Nitiyudo Cahjo pemilik saham baru PT NHM. 

Amin menyatakan, telah menjadi tanggungjawab perusahan guna mendorong peningkatan ekonomi, pendidikan, sosial, budaya, kesehatan dan lingkungan masyarakat sekitar tambang dalam upaya meningkatkan kesejahteraan warga. 

"Kerja sama perusahaan dengan pemerintah baik pusat maupun daerah bahkan dengan pemerintah desa setempat agar bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

Dia mengemukakan,  saat pertemuan itu ada masukan dari ketua Forum Kades kecamatan Kao Teluk Iskandar H. Karim terkait dengan pembentukan koperasi di desa yang berhubungan langsung dengan BUMDes agar pengelolaan pembelian produksi komoditi masyarakat bisa terkoordinir dengan baik. 

"Jadi ke depan, harus ada koperasi di setiap kecamatan di lingkar tambang yang akan mengelolanya melalui BUMDes di setiap desa, sebab, selama ini masyarakat lingkar tambang sangat sulit menjual produksi komoditi ke PT NHM," ujar Amin.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020