Pasangan bakal calon Usman Sidik – Bassam Kasuba yang maju bertarung di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) optimistis mengantongi rekomendasi berupa B.1-KWK dari Partai Demokrat.

Bakal Calon bupati Halmahera Selatan Usman Sidik di Ternate, Rabu, menyatakan pihaknya telah diundang DPP Partai Demokrat untuk menerima B.1 KWK sebagai calon Bupati Halmahera Selatan pada Pilkada 2020.

"Partai Demokrat mendukung pasangan Usman – Bassam dan saya sudah dikasih undangan untuk penyerahan B.1-KWK malam ini," kata H Usman Sidik kepada wartawan usai menerima B.1-KWK di Hotel Grand Majang Ternate, Rabu (2/9).

Terkait isu yang santer berkembang calon petahana Bahrain Kasuba yang akan mendapatkan rekomendasi Demokrat, Usman Sidik mengaku belum tau keputusan akhirnya seperti itu. Akan tetapi, dirinya telah mendapat undangan dari DPP.

"Saya sudah dapat undangan, tapi nanti penyerahan B.1-KWK diwakili kepada orang saya di Jakarta," kata Usman Sidik seraya menambahkan semua partai yang kini telah mendukungnya telah memberikan B.1-KWK hanya tertinggal partai Demokrat.

Dia mengaku tak menghadiri langsung undangan DPP Demokrat karena harus berada di Ternate dan Halsel untuk persiapan pendaftaran serta deklarasi di Halsel yang telah dijadwalkan koalisi beberapa partai pendukung.

Seperti diketahui ada delapan Partai Koalisi di Kabupaten Halmahera Selatan yang hingga kini masih tetap mendukung Calon Bupati Usman Sidik  dan Hasan Ali Bassam Kasuba sebagai calon Wakil Bupati di Pilkada Halmahera Selatan tahun 2020, diantaranya, Partai Golkar, PDIP, PAN, PSI, PKB, PKS, Berkarya dan hanya Demokrat yang belum menyerahkan form B.1 KWK.

Olehnya itu, dengan dukungan delapan partai politik ini, maka dipastikan petahana pasangan Bahrain Kasuba – Muchlis Sangaji dipastikan tidak lolos karena tidak memenuhi dukungan 20 persen kursi di parlemen, sebab hanya mendapatkan dukungan Partai Gerindra dan PKPI dengan lima kursi.

Sedangkan, pasangan lainnya Helmi – La Ode dengan dukungan Partai Nasdem dan Partai Hanura dengan enam kursi bakal bersama pasangan Usman – Bassam memenuhi syarat untuk maju di pilkada Halmahera Selatan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020