Harga telur ayam ras yang ditawarkan para pedagang di lokasi pasar tradisional maupun toko swalayan di Kota Ambon, Maluku, hingga kini masih normal dan bervariasi.

Di pasar Mardika maupun Batu Merah, Selasa, para pedagang menawarkan harga telur ayam ras Rp1.600 hingga Rp1.800/butir, sedangkan telur ayam kampung Rp2.500/butir.

Pedagang di pasar Mardika, Hamid, mengatakan perbedaan harga telur tergantung ukuran kecil dan besar.

"Kami memilah-milah telur kecil dan besar. Itu untuk mencari sedikit keuntungan guna menutupi beberapa butir telur yang rusak di setiap ikatan," ujarnya.

Biasanya, kata Hamid, di setiap ikan telur berisi 180 butir pasti ada sekitar lima sampai enam butir yang rusak, pecah maupun busuk.

Normalnya harga telur ayam ras juga diikuti daging ayam broiler beku yang selama ini dipasok dari Surabaya yakni Rp36.000/Kg. Sedangkan daging ayam broiler segar, harganya ditentukan sesuai ukurannya yakni Rp45.000 hingga Rp65.000/ekor tergantung ukuran, sedangkan eceran Rp15.000/potong.

"Masyarakat yang mau membeli silahkan memilih - mau ayam beku yang besar atau kecil terserah. Nanti kita timbang berapa berat baru dibayar, yang jelas Rp36.000/Kg," kata penjual di pasar Mardika, Dodi.

Menurut dia, jarang ada ayam ukuran satu kilo gram, biasanya lebih, namun sudah diperhitungkan harganya.

Untuk daging ayam kampung yang sudah dicuci bersih dijual dengan harga juga bervariasi yakni  Rp70.000 hingga Rp90.000/ekor, tergantung ukuran. Daging sapi segar Rp100.000/Kg.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020