Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Maluku Basri Damis menyatakan optimis koalisi PKB dengan PDIP akan menang di Pilkada tiga kabupaten di provinsi Maluku pada 9 Desember 2020.

"Saya yakin koalisi PDIP-PKB dengan dukungan partai politik lainya akan menang mudah pada pilkada yang dilaksanakan di kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku Barat Daya dan Buru Selatan, " katanya di Ambon, Minggu.

Menurut dia, kerja sama PKB dengan PDIP bukanlah hal yang baru dalam perpolitikan Indonesia dan ini sudah terjalin cukup lama.

"Bersatunya kekuatan nasionalis relegius dalam pilkada serentak 2020 ini menurut data yang ada adalah terbanyak ke dua setelah Koalisi PDIP-Golkar, " katanya.

Koalisi PKB-PDIP katanya, memiliki basis budaya yang militan,

"Militansi kader PDI Perjuangan dan PKB menjadi kekuatan untuk melakukan komunikasi,maupun konsolidasi pemenangan pilkada mendatang, " ujarnya.

Selain itu relawan dan simpatisan akan dikerahkan untuk melakukan konsolidasi dan komunikasi politik,

"Mesin dari masing-masing partai juga menjadi senjata untuk memenangkan paslon yang diusung," kata Basri.

PKB lanjutnya, satu komando dan solid bekerja memenangkan calon Bupati yg di usung bersama PDIP dengan Partai plitik koalisi lainnya di tiga kabupaten tersebut, di mana calon yang diusung pada tiga daerah tersebut merupakan pasangan yang berpengalaman memiliki dan terbukti sangat dikenal publik.

Pasangan calon Fahri-Arobi merupakan kombinasi anak muda yang mempunyai pengalaman cukup banyak pengalaman. Fahri saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati aktif SBT juga mantan anggota DPRD Provinsi Maluku, sementara Arobi wakil ketua DPRD SBT.

Untuk MBD, Paslon Benyamin Noach-Agustinus Lekwardai Kilykily itu petahana, terbukti berhasil membangun MBD.

Sementara itu kabupaten Bursel paslon Safitri-Gerson sesuai hasil survei elekteroal dan elektabilitas pasangan ini sangat sulit dikejar oleh kompetitor pasangan lainnya. Safitri merupakan istri Bupati Bursel aktif saat ini, Tagop Soulissa dan Gerson merupakan Wakil ketua DPRD Bursel.

"Saya optimistis koalisi bersama PDIP dan partai lainya di tiga kabupaten tersebut akan keluar sebagai pemenang dalam Pilkada 9 Desember 2020, " tandasnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020