Harga bawang putih yang ditawarkan para pedagang di lokasi pasar tradisional Kota Ambon, Maluku, kini naik jika dibandingkan dengan dua hari sebelumnya.

Hasil pemantauan di lokasi pasar Batu Merah, pasar Mardika, dan pasar Lama, Kamis, terlihat para pedagang menawarkan harga bawang putih Rp28.000 hingga Rp29.000/Kg atau naik dari sebelumnya Rp24.000/Kg, sedangkan bawang merah tetap bertahan  Rp35.000/Kg.

"Harga bawang putih sedikit bergerak naik dan sudah berlangsung sejak dua hari yang lalu," kata pedagang di pasar Mardika, Nur.

Dia mengatakan, naiknya harga bawang putih belum mempengaruhi ibu-ibu yang berbelanja di pasar, sebab tergantung para pembeli karena ada yang 1 Kg maupun 0,5 Kg, bahkan per tumpuk dijual Rp5.000.

 Salah seorang pembeli, Merry mengatakan, naiknya harga bawang putih belum terlalu mempengaruhi sebab stok cukup banyak. Begitu juga bawang merah sekarang ini cukup banyak di pasar.

"Mudah-mudahan penawaran harga ini  terus bertahan, mengingat sudah hampir akhir tahun pasti ada perubahan harga, di mana itu terjadi dari tahun ke tahun, bahkan stok juga menghilang," katanya.

Sedangkan bumbu masak lainnya seperti cabai merah biasa yang ditawarkan pedagang juga masih tetap normal yakni Rp50.000/Kg, eceran Rp6.000/cupa (ukuran kaleng susu kental manis cap nona, sedangkan cabai keriting panjang Rp35.000/Kg, eceran Rp5.000/tumpuk.

Pedagang pasar Batu Merah, Jubaida mengatakan, harga cabai merah masih wajar-wajar saja, sebab mengambil dari pemasok dengan harga Rp40.000 hingga Rp45.000/Kg, tergantung buah cabai terlihat segar segar atau yang sudah dipetik tiga hari yang lalu.

Sedangkan bumbu masak lainnya seperti lengkuas, kunyit, jahe, jeruk jintan, rata-rata ditawarkan Rp5.000/tumpuk.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020