Kementerian ESDM memberikan penghargaan Keselamatan Ketenagalistrikan (K2) bagi PLTU Tidore, Maluku Utara (Malut) dalam rangka Hari Listrik Nasional (HLN) ke-75.

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU),  Romantika Dwi Juni Putra dihubungi dari Ternate, Kamis, mengapreasiasi penghargaan yang diberikan Kementerian ESDM bagi PLTU Tidore.

"Ini sungguh apreasiasi yang luar biasa bagi kami serta menjadi  motivasi semangat agar intensif meningkatkan prestasi, khususnya di sektor pembangkit listrik yang berada di Maluku dan Maluku Utara. Harapannya ke depan tidak hanya PLTU Tidore. Namun, pembangkit listrik lainnya di Maluku dan Malut dapat mendapatkan penghargaan yang sama di tahun-tahun berikutnya," ujarnya. 

Adapun penghargaan yang diterima oleh PLTU Tidore berkapasitas 2x7 MW ini yakni K2  pada Instalasi PLTU Grid Code Sulawesi tahun 2020. 

Sejak diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Mei 2017, PLTU yang berlokasi di Kelurahan Rum Balibunga, Kecamatan Tidore Utara, Kota Tidore Kepulauan, Provinsi Maluku Utara ini menopang  lebih kurang 26 persen pada sistem kelistrikan Ternate-Tidore yang memiliki daya mampu total sebesar 52,5 MW dengan beban puncak  33,8 MW.

"Selain terus memenuhi ketentuan K2 guna menciptakan instalasi ketenagalistrikan yang handal, ramah lingkungan dan aman, tim PLTU Tidore rutin  melakukan berbagai inovasi guna mengoptimalisasi performa dari PLTU Tidore baik dari sisi efisiensi maupun pemasokan listrik yang lebih handal," kata Romantika.

Sebelumya, penghargaan ini diberikan Menteri ESDM Arifin Tasrif pada Selasa (3/11) secara virtual.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyambut baik upaya peningkatan keselamatan ketenagalistrikan melalui kompetisi ini dan berharap ajang tersebut dapat meningkatkan kesadaran pelaku usaha di bidang ketenagalistrikan.

"Ajang 2020 diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para pelaku usaha penyediaan tenaga listrik, khususnya di bidang pembangkitan akan pentingnya aspek keselamatan baik dari sisi sertifikasi laik operasi, kompetensi tenaga teknik, serta aspek lingkungan ketenagalistrikan," tandas Arifin.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020