Kapolda Maluku Utara (Malut), Irjen Pol Risyapudin Nursin menginstruksikan seluruh personelnya di jajarannya menciptakan situasi Kamtibmas agar tetap kondusif menjelang pelaksanaan Pilkada serentak didelapan kabupaten/kota pada 9 Desember 2020 dalam masa pandemi COVID-19.

"Saya menekankan dan memerintahkan kepada jajaran agar dapat mendukung percepatan penanganan COVID -19, serta memantapkan Kamtibmas dalam pengamanan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020," katanya di Ternate, Jumat.

Kapolda yang baru dilantik itu mulai berkantor di Mapolda Malut serta memaparkan program-program Kerja yang akan dilaksanakan selama menjabat sebagai Kapolda setempat dalam program Commander Wish Kapolda Malut.

Dia dalam Commander Wish menyampaikan bahwa di tengah pandemi COVID-19 serta dalam menjaga situasi tetap kondusif di wilayah Malut, maka Polda setempat harus selalu meningkatkan soliditas tiga pilar Polri - TNI,  serta pemerintah daerah.

Kapolda juga memandang perlu personel  Polda Malut harus selalu hadir di tengah-tengah masyarakat baik perorangan maupun kelompok, dengan harapan masyarakat lebih merasa terayomi.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Malut AKBP Adip Rodjikan menyatakan, Kapolda bertekad menciptakan situasi Kamtibmas di daerah ini agar tetap kondusif menjelang pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember 2020,  terlebih dilaksanakan di masa pandemi COVID-19.

"Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi pihak Polda Malut  yakni mengamankan Pilkada di masa Pandemi COVID-19, di mana setiap pelaksanaan tahapan Pilkada harus menerapkan kesehatan," ujarnya.

Dia mengemukakan, dalam Maklumat Kapolri telah jelas bahwa pelaksanaan tahapan Pilkada harus menerapkan protokol kesehatan guna mencegah terjadinya klaster baru penyebaran COVID - 19.

 "Karena itu, seluruh personel Polda Malut harus disiplin terhadap protokol kesehatan dan memberikan sanksi tegas dan proposional kepada masyarakat yang tidak patuh terhadap protokol kesehatan," tandas Adip..
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020