Dialog lintas agama yang digagas Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon merupakan upaya menebar pesan damai dari Ambon untuk Indonesia.

Dialog lintas agama akan digelar secara virtual pada 8 Desember 2020 menghadirkan pembicara menteri agama RI Fahrul Razi bersama tokoh agama dan tokoh masyarakat, kata Plt Kepala Bagian Kesra Pemkot Ambon, Fenly Masawoy, di Ambon, Jumat.

"Menteri Agama telah menyatakan kesiapan membuka acara dialog, serta beberapa tokoh agama siap menjadi narasumber, " katanya.

Dikatakannya, tokoh agama yang akan menjadi pembicara dialog yakni Imam besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasaruddin Umar, Sekretaris umum Persekutuan Gereja Indonesia (PGI) Jacky Manuputty, Ketua Komisi Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI) Mgr Tri Harsono mewakili ketua KWI.

Selain itu, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono yang merupakan tokoh masyarakat Maluku , Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri dari unsur keamanan.

"Menteri agama akan membuka acara dialog dan yang akan menjadi moderator dialog dosen IAIN Ambon Abidin Wakanno, " ujarnya.

Diakuinya, Ambon merupakan kota dengan tingkat kerukunan tertinggi di Indonesia, karena itu dialog lintas agama harus terus digaungkan guna menepis isu-isu intoleransi.

Upaya ini juga diharapkan dapat merangkul tokoh agama untuk mendukung program pemerintah dalam menjaga kerukunan antar umat beragama terutama di masa pandemi COVID-19 dan memasuki adaptasi kebiasaan baru.

"Kegiatan itu diharapkan dapat diikuti seluruh tokoh agama, para pendeta, imam masjid, ketua-ketua majelis, pemuka agama Budha (Walubi), Hindu (PHDI), tokoh masyarakat, lembaga keagamaan, angkatan muda, remaja masjid dan partisipasi perguruan tinggi, " tambahnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020