Aparat Polres Pulau Buru didampingi personil BKO asal Polda Maluku mengawal ketat pendistribusian 87 kotak suara berisi kertas suara pilkada bersama Alat Pelindung Diri untuk tiga kecamatan di Kabupaten Buru Selatan.

"Tiga daerah tersebut adalah Kecamatan Kepala Madan, Fena Fafan dan Kecamatan Leksula, Kabupaten Buru Selatan, dimana kotak suaranya didistribusikan melalui jalur laut," kata Kapolres Pulau Buru AKBP Egia Febri Kusumawiatmaja yang dihubungi dari Ambon, Senin.

Pelepasan logistik pilkada tersebut juga dihadiri Ketua KPU Buru Selatan Syarif Mahulauw, Dandim 1506 Namlea Letkol Arh Agus Guwandi, Waka Polres Kompol Bachri Hehanussa, Kabag Ops AKP Ruben Sihombing, Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu, Husein Pune, Sektetaris KPU Solaiman Loilatu dan Kasubag Logistik KPU Abdurahman Nunlehu.

Puluhan kotak suara yang didistribusikan terdiri dari Kecamatan Kepala Madan sebanyak 35 kotak suara dan satu Kotak PPK beserta kebutuhan pilkada lainnya, Kecamatan Leksula 40 kotak suara, serta Kecamatan Fena Fafan 12 kotak suara.

Selain itu, dalam pendistribusian logistik pilkada tersebut juga termasuk APD pencegahan COVID-19. Terdiri dari masker kain, "face shield", semprotan, tisu tuwel, sarung tangan plastik, tempat air berkeran dan ember, disinfektan, "handsenitazer", sabun cuci tangan, sarung tangan karet, masker, tisu, dan "thermo gun".

Ketua KPU Kabupaten Buru Selatan Syarif Mahulauw dalam kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada pihak Polres Pulau Buru yang telah menepatkan personil pengamanan dalam mengawal kotak suara dari Kantor KPU serta penempatan personil pada setiap.

Syarif berharap pendistribusian logistik Pilkada dapat berjalan dalam keadaan aman sampai dengan kembalinya lagi di Kantor KPU.

Untuk diketahui, pelaksanaan pergeseran pasukan ke masing-masing Kecamatan dibagi tiga, yaitu personil pengamanan TPS di Kecamatan Leksula dan Kepala Madan berangkat menggunakan KMP Bukit Mandala.

Sedangkan personil pengamanan TPS di Kecamatan Fena Fafan menggunakan satu unit speedboat.

Sebelumnya, Kapolres Pulau Buru, AKBP Egia, menyampaikan, pengamanan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Buru Selatan merupakan tugas yang mulia, sehingga dia meminta setiap personel agar dapat menjaga netralitas.

Dia juga menekankan untuk senantiasa menjalankan tugas dengan penuh rasa tanggungjawab.

"Tugas kita adalah tugas mulia sehingga diharapkan kepada seluruh personil melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab serta menjaga netralitas kita sebagai anggota polri," tandasnya.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020