PT PLN UIP Maluku memberikan bantuan penanaman terumbu karang melalui program Corporate Social Responsibility sebesar Rp100 juta, yang diserahkan secara simbolis, di Ambon, Rabu.

General Manager PLN UIP Maluku, Jonner MP Pardosi mengatakan bantuan itu bentuk tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan hidup dan keanekaragaman hayati.

"PLN Peduli fokus pada upaya melestarikan dengan teknik transplantasi pada titik terumbu karang di Desa Laha yang mengalami kerusakan," katanya.

Joner mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Laha Dive Packer yang merupakan Dive Center Lokal.

"PLN senantiasa mendukung upaya pelestarian alam karena memiliki peran penting dalam menumbuhkan ekosistem laut," katanya.

Bantuan tersebut, kata Jonner, bertujuan untuk mengembangkan sektor pariwisata melalui penanaman terumbu karang agar menjadi "coral garden", sekaligus meningkatkan pendapatan masyarakat dan menambah alternatif mata pencaharian masyarakat.

Diharapkan, dengan membaiknya kualitas terumbu karang di Desa Laha, kawasan itu akan semakin menarik wisatawan khususnya para penyelam, sehingga berdampak pada perkembangan ekonomi di desa itu.

"Dengan terpeliharanya terumbu karang, akan berpotensi menjadi objek wisata bawah air yang menarik para wisatawan. Semoga dengan program CSR yang kami laksanakan dapat memberi manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat, dan PLN turut berkontribusi dalam perkembangan ekonomi melalui pariwisata," ujar Jonner.

Sekretaris Desa Laha, Fahmi Mewar, menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan dan partisipasi PLN UIP dalam mewujudkan pelestarian alam dan meningkatkan potensi pariwisata di Desa Laha. 

"Bantuan yang telah diberikan PLN diharapkan juga dapat menjadi awal pelestarian alam bawah laut di Desa Laha. Kami akan jaga kepercayaan dari PLN ini, dan mudah-mudahan dengan dukungan dari berbagai pihak akan semakin meningkatkan perekonomian di Desa Laha," kata Fahmi.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020