Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon menargetkan pada hari pertama pelaksanaan vaksinasi sebanyak 320 tenaga kesehatan (Nakes)  mendapatkan suntikan vaksin COVID-19.

"Target kita hari ini sebanyak 320 nakes menjalani vaksinasi, setelah melewati tahapan pemeriksaan, " kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy saat meninjau sejumlah puskesmas di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan nakes di Ambon telah menjalani vaksinasi dengan penuh sukacita dan kegembiraan.

"Sampai saat ini tidak ada laporan kendala yang dihadapi nakes kita, kita beryukur karena langkah ini menjadi contoh yang baik bagi masyarakat Ambon, " katanya.

Pantauan yang dilakukan ternyata proses vaksinasi tidak sampai satu menit, setelah para nakes melewati tahapan pemeriksaan pada empat meja yang tersedia.

"Kita patut memberikan apresiasi bagi petugas, karena semua melewati tahapan seleksi yang ketat, terutama saat pemeriksaan tekanan darah, jika kedapatan tekanan darah 140 untuk sementara tidak bisa dilanjutkan, " ujarnya.

Di Puskesmas Karang Panjang, kata Wali Kota, 23 nakes telah melalui tahapan pemeriksaan dan dilanjutkan vaksinasi.

Di lokasi ini juga akan dilayani nakes dari instansi lainnya seperti laboratorium atau klinik terdekat.

Kota Ambon menerima stok vaksin sebanyak 7.280 dan telah didistribusikan ke 29 fasyankes yakni 22 Puskesmas, enam rumah sakit dan satu Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP).
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021