Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) berhasil menyelamatkan seorang warga bernama Ronald Pangandaeng (32 tahun) yang dilaporkan hanyut bersama rumponnya di perairan Hiri.

"Sesuai laporan adanya seorang warga hanyut, maka sekitar pukul 07.08 Wit, Tim Rescue tiba di koordinat korban dan melakukan penyisiran di sekitar LKP dan pukul 07.26 Wit, Tim Rescue berhasil menemukan korban dengan selamat pada koordinat jarak 7,6 NM dari LKP dan dilanjutkan dengan evakuasi terhadap korban," kata Kepala Basarnas Ternate, Muhammad Arafah di Ternate, Senin.

Menurut Muhammad, saat pukul 09.19 wit, Tim Rescue Tiba di KN SAR Pandudewanata di Bui Mangga Dua Ternate, direncanakan korban akan dibawa ke Kantor Basarnas Ternate untuk pendataan.

Selanjutnya Tim Rescue Kansar Ternate Melaksanakan debriefing dan evaluasi, dengan hasil satu orang ditemukan dalam keadaan selamat, selanjutnya Operasi SAR ditutup dan seluruh unsur dan Instansi yang terlibat dikembalikan ke kesatuan masing-masing.

Sebelumnya, pada Senin, 18 Januari 2021 Basarnas Ternate menerima laporan dari Ibu Nova bahwa telah terjadi kondisi membahayakan jiwa manusia 1 orang hanyut dengan rumpon di sekitar perairan pulau Hiri, Ternate.

Saat itu, pada pukul 22.30 Wit telah terjadi kondisi membahayakan keselamatan korban Ronald Pangandaeng warga Sanggu Bolang Mangundu Utara sementara terapung-apung di rumpon yg putus akibat cuaca buruk.

Sehingga, korban dapat berkomunikasi dengan pelapor di frekuensi 14.310 Mhz dan menyampaikan koordinat saat ditemukan.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021