Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri mengingatkan setiap anggota Satpam swakarsa untuk lebih meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya dalam menjalan tugas pengamanan pada setiap institusi.

"Sebagai pembina Satuan Pengamanan Swakarsa, saya berharap agar eksistensi Satpam berdampak kuat bagi kehidupan di tengah masyarakat," katanya, di Ambon, Selasa.

Penegasan Kapolda disampaikan dalam amanatnya yang dibacakan Direktur Binmas Polda Maluku Kombes Pol Andy Ervyn pada peringatan HUT Satpam ke-40.

"Selamat HUT Satpam ke-40 dan kepada seluruh satuan pengamanan kiranya semakin meningkatkan profesionalisme dan kompetensi sehingga eksistensinya berdampak kuat bagi kehidupan masyarakat," tandasnya.

Kapolda juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh anggota Satpam, pimpinan badan usaha jasa pengamanan, serta segenap stakeholder terkait lainnya karena selama ini sudah bekerja sama dalam memelihara stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat tetap kondusif.

"Satpam sudah berperan aktif dalam upaya ikut serta mengamankan perayaan Natal 25 Desember 2020 maupun Tahun Baru 2021 sehingga berlangsung aman dan lancar," katanya.

Diharapkan dengan bekal pelatihan pernah diikuti, Satpam yang mengemban fungsi kepolisian terbatas mampu menghadapi segala resiko dan tantangan tugas di lingkungan kerja masing-masing. 

"Selanjutnya diharapkan penggunaan seragam Satpam harus benar-benar sesuai dengan ketentuan warna, model, atribut dan penggunaanya," ujar Kapolda.

Pada momen peringatan HUT ke- 40, Satpam juga bisa meningkatkan kembali semangat, disiplin dan kerja dalam memberikan pengabdian yang terbaik kepada masyarakat bangsa dan negara.

HUT Satpam kerap diperingati tepat 30 Desember. Namun kali ini tertunda dan baru dilaksanakan pada 2 Februari 2021 dengan tema "Tingkatkan profesionalisme dan kompetensi satuan pengamanan menjadi profesi yang membanggakan dan bermartabat".
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021