Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Global Wakaf Maluku mengobor satu unit sumur di Dusun Waipoot, Desa Wakal, Kabupaten Maluku Tengah, untuk memernuhi kebutuhan air bersih warga.

"Dusun Waipoot ini berada di pergunungan belakang Dusun Talaga Kodok. Di permukiman tersebut sumber air berlimpah, tetapi keruh ketika hujan turun. Jarak antara sungai yang menjadi sumber air dan permukiman warga sekira 500 meter," kata Koordinator Pembangunan Sumur Wakaf Dusun Waipoot Nur Amin Muhammad di Ambon, Senin.

Ia mengatakan, sehari-hari warga menimba air untuk air wudhu, minum dan masak serta mandi di sungai tersebut. Karena itu ACT-Global Wakaf melakukan pengeboran sumur wakaf untuk masjid Nurul Mu’min di dusun tersebut.

Menurut Nur, pembangunan sumur itu dimulai tanggal 20 Januari 2021.

“Kalau mau shalat jamaah harus wudhu di rumah masing-masing lantaran air di masjid tidak ada dan tidak ada penampungan air. Toilet pun tidak layak digunakan,” ujarnya.

"Dengan adanya sumur wakaf ini, warga Dusun Waipoot tidak akan kesulitan air bersih lagi," tambahnya.

Sekretaris Dusun Waipoot Jamaludin mengaku bersyukur dengan pembangunan sumur wakaf masjid di dusun itu.

"Warga dusun pun sangat senang mendapat air bersih dari sumur wakaf yang dibangun di masjid. Semoga ACT dan Global Wakaf tetap sukses dan dapat membantu banyak umat di Maluku," ujarnya.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021