Pemerintah pada tahun anggaran 2021 akan memperpanjang dermaga pelabuhan laut Yos Sudarso Dobo, kabupaten Kepulauan Aru, Maluku sehingga menjadi pelabuhan yang lebih representatif dan memadai.

"Akan dilakukan perpanjangan dermaga pelabuhan laut Dobo sepanjang 130 meter untuk menunjang aktivitas penumpang maupun barang oleh setiap kapal yang nantinya akan sandar," kata Kepala Unit Pengelola Pelabuhan Dobo, Amali yang dihubungi dari Ambon, Rabu.

Saat ini panjang dermaga pelabuhan laut di Ibu Kota Kabupaten Kepulauan Aru itu hanya 224 meter dan lebarnya 10 meter.

Sehingga pemerintah pada 2021 akan melakukan penambahan panjang dermaganya dari dua arah.

"Untuk arah Barat dermaga dilakukan penambahan 30 meter dan sebelah Timur ditambah 100 meter," ujar Amali. 

UPP Dobo juga akan melakukan penataan terhadap area pelabuhan tersebut dengan membongkar bangunan-bangunan tua guna dijadikan lahan parkir agar lebih memadai.

Sedangkan, anggota Komisi III DPRD Maluku, Anos Yeremias secara terpisah membenarkan kalau dalam tahun ianggaran 2021 pemerintah akan melakukan perbaikan maupun penambahan panjang dermaga pelabuhan laut pada beberapa lokasi di wilayah Maluku.

"Perpanjangan dermaga oleh pemerintah ini merupakan bagian dari program tol laut yang sejak beberapa tahun lalu telah digalakkan Presiden RI Jokowi," tandasnya. .

Dia menambahkan, program perbaikan dermaga ini sebenarnya sudah direncakanan sejak tahunanggaran 2020. Namun,  adanya recofusing anggaran akibat pandemi COVID-19 sehingga program ini menjadi tertunda.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021