PLN meluncurkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di Maluku dan Maluku Utara (Malut)  yang berlokasi di PLN Unit Layanan Pelanggan (ULP) Ambon, Senin.

Peluncuran SPKLU dilakukan Sekda Provinsi Maluku, Kasrul Selang, bersama Ketua DPRD Provinsi Maluku Lucky Wattimury dan General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) Adams Yogasara.

Sekda mengatakan, Pemprov Maluku mendukung program yang dilaksanakan PLN UIW MMU.

SPKLU merupakan program pemerintah untuk mendorong penggunaan kendaraan bermotor listik berbasis baterai di daerah.

"Diharapkan dapat meningkatkan minat kendaraan listrik di Maluku khususnya kota Ambon. Penggunaan kendaraan listrik membantu pemerintah untuk mengurangi ketergantungan kita pada energi fosil," ujarnya.

General Manager PLN UIW MMU Adams Yogasara, menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh stakeholders kepada PLN, khususnya dalam melaksanakan salah satu program pemerintah, yaitu mendorong penggunaan (KBLBB).

Selanjutnya diharapkan adanya dukungan pemerintah daerah untuk meningkatkan pengguna kendaraan listrik di Provinsi Maluku.

"SPKLU yang telah diluncurkan adalah yang pertama di Maluku dan Malut. Ke depan, kami akan membangun SPKLU kedua yang rencananya  di Kota Ternate, Provinsi Malut. Besar harapan kami, ke depan juga dapat membangun SPKLU lainnya di seluruh Kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Maluku dan Malut kata  Adams.

Pelucuran SPKLU ini merupakan salah satu bentuk komitmen PLN untuk mendorong gaya hidup berbasis listrik atau electrifying lifestyle yang lebih ramah lingkungan.

Selain itu, kehadiran SPKLU di Kota Ambon juga diharapkan dapat mendukung para pemilik store kendaraan listrik yang ada di daerah ini, sekaligus  memberikan kemudahan bagi para pengguna kendaraan listrik di Ambon dalam melakukan pengisian kendaraannya.

Kegiatan pelucuran diawali dengan konvoi motor dan sepeda listrik yang dilakukan oleh PLN UIW MMU bersama dengan Sekda Provinsi Maluku, Ketua DPRD Provinsi Maluku dan stakeholders lainnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021