Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KSOP)  kelas I Ambon dan Distrik Navigasi (Disnav) kelas I Ambon Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan melibatkan warga di program padat karya.

Program Padat Karya di kawasan KSOP dan Disnav meliputi kegiatan pengecatan tembok, dan pembersihan lingkungan, melibatkan warga kelurahan Silale kota Ambon, kata Kepala KSOP kelas I Ambon, Andi Fiardi, Kamis.

Ia mengatakan, program padat karya menjadi salah satu program prioritas nasional pada 2021,sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo untuk mendukung percepatan pengentasan kemiskinan bagi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

Kemenhub terus berkomitmen dengan ikut berpartisipasi dalam pemberdayaan masyarakat, melalui program padat karya.

Dijelaskannya, kegiatan ini tahap pertama berlangsung selama dua hari dengan melibatkan 35 orang masyarakat setempat.

"Kegiatan ini di KSOP dimulai hari ini (Kamis), sedangkan di Disnav dimulai besok (Jumat), sedangkan tahap dua akan dilakukanpada Agustus 2021 di menara suar kelurahan Nusaniwe," ujarnya.

Dijelaskannya, alokasi anggaran program padat karya pada 2021 di UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Laut provinsi Maluku sebesar Rp782 juta dengan melibatkan 805 orang.

"Untuk kota Ambon anggaran yang dibutuhkan tahap I sebesar Rp20 juta, yang melibatkan 35 orang warga, " ujarnya.

Kepala Disnav kelas I Ambon Herwanto menyatakan, program padat karya merupakan upaya memupuk rasa kebersamaan, gotong royong, meningkatkan partisipasi masyarakat serta kualitas dan kuantitas pemberdayaan masyarakat.

Program ini diharapkan dapat mewujudkan peningkatan akses masyarakat dengan berbasis pendekatan pemberdayaan masyarakat, membangkitkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Progam padat karya di kota Ambon disaksikan anggota DPD - RI asal Dapil  provinsi Maluku, Ana Latuconsina.

Dikatakannya, program ini merupakan upaya pemerintah membantu masyarakat di masa pandemi COVID-19.

"Anggarannya memang tidak terlalu besar, tetapi ini merupakan upaya pemerintah membantu meringankan beban masyarakat. Saya berharap kegiatan ini dapat berjalan dengan baik," katanya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021