PLN mendukung konservasi dan perlindungan sumber daya air di desa Ohoiwait, Kecamatan Kei Besar, Kabupaten Maluku Tenggara.

Dukungan melalui program PLN Peduli (Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan/TJSL), dengan memberikan bantuan Rp100 juta untuk konservasi dan perlindungan sumber daya air sebagai program penghijauan serta pengendalian pencemaran air di sumber air Kait, Desa Ohoiwait, kata Manager PLN UP3 Tual , Alexander J. Manuhuwa, Senin.

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan oleh Senior Manager Teknik PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) Pedi Sumanto 
kepada perwakilan kelompok tani Desa Ohoiwait.

Dikatakannya, bantuan PLN peduli sebagai langkah dalam membantu kegiatan konservasi sumber air atau penanaman pohon di sekitar sumber air yang berfungsi untuk mengembalikan kualitas debit air di sekitar sumber air Kait Desa Ohoiwait.

Program ini katanya, merupakan kolaborasi antara PT. PLN dengan kelompok tani Desa Ohoiwait sebagai salah satu upaya untuk perlindungan dan pelestarian mata air.

Tujuannya untuk melindungi titik mata air (spring) dari semua zat pencemar dan kerusakan akibat adanya aktivitas manusia maupun binatang di sekitar sumber air.

"Harapannya dapat mengembalikan fungsi hutan di kawasan sumber air Rahareng sebagai penyangga dan serapan air", kata Alexander.

Dijelaskannya, sumber daya air Kait di Desa Ohoiwait merupakan potensi sumberdaya air yang dimanfaatkan oleh 1.291 jiwa masyarakat Desa Ohoiwait Kecamatan Kei Besar.

Sumber air dimanfaatkan untuk pemasokan dan mendistribusikan air bersih bagi kebutuhan domestik penduduk,bidang pertanian dan hortikultura dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Ohoiwait.

"Besar harapan kami melalui program TJSL PLN Peduli ini, dapat membantu masyarakat dalam melakukan aktivitas seperti sedia kala dengan ketersediaan sumber daya air yang berkualitas", tandas Alexander.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021