Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Ternate menjadikan Pulau Matiara sebagai Kampung Bahari Nusantara (KBN), untuk pelaksanaan berbagai kegiatan.

"Dalam mendukung program Pulau Maitara kampung bahari akan disiapkan berbagai kegiatan di antaranya karya bakti, program ekonomi berbasis kemaritiman, ketahanan pangan, pengembangan wisata bahari dan bakti kesehatan," kata Komandan Lanal Ternate Kolonel Laut (P) Komaruddin S.E, CTMP melalui siaran pers diterima di Ternate, Kamis.

Olehnya itu, berkaitan penetapan Pulau Maitara sebagai KBN juga akan digelar operasi bakti TNI Angkatan Laut “Surya Baskara Jaya (SBJ)” yang merupakan rangkaian kegiatan menyambut Sail Tidore 2021.

Hal tersebut disampaikan Danlanal Ternate ketika melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka meninjau Karya Bakti Lanal Terntate di Pulau Mutiara.

Pada kesempatan ini, Danlanal Ternate juga memberikan bantuan secara simbolis kepada masyarakat Desa Maitara Tengah di Kantor Kepala Desa Maitara Tengah.

Kegiatan KBN ini memiliki beberapa program yaitu Program Edukasi, merenovasi kantor desa menjadi rumah pintar, yang berfungsi untuk seluruh masyarakat Maitara.

“Program Ekonomi, Lanal Ternate mengandeng forum BUMN untuk bersinergi menaikan taraf hidup masyarakat Ternate. mengembangkan pariwisata Mangrove dengan membangun restoran apung yang berada di Maitara, melaksanakan renovasi dan pembangunan Puskesmas Maitara agar masyarakat bila berobat tidak harus keluar dari Maitara,” ujarnya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021