Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Maluku Utara (Malut) sosialisasi program Bangun Kerjasama Untuk Gerakan Sadar Netralitas ASN (BAKUGASA  ASNetral) dalam upaya menekan tingginya pelanggaran pemilu terutama di Kota Ternate dan Tidore Kepulauan (Tikep).

"Bentuk kerja sama ini dalam rangka menekan tingkat pelanggaran netralitas ASN pada hajatan Pemilu maupun Pilkada yang terus meningkat.  Harapannya kerja sama ini dapat terjalin agar pada pelaksanaan Pemilu maupun Pilkada serentak pada 2024, tingkat pelanggaran netralitas ASN dapat ditekan atau diminimalisir,"  kata Komisioner Bawaslu Malut, Hj Masita Nawawi Gani di Ternate, Rabu.

Wali Kota Tikep, Ali Ibrahim menyatakan, program ini sangat baik dan patut untuk mendapat dukungan.

Dia berjanji siap mengerahkan jajaran Pemkot Tikep untuk menyukseskan program ini.

Apresiasi itu telah disepakati akan dilakukan perjanjian kerja sama antara Bawaslu Malut dengan Pemkot Ternate dan Tikep.. 

"Direncanakan pada akhir Mei hingga awal Juni 2021 ilaksanakan penandatangannya sekaligus dilaksanakan webinar dan deklarasi ASNetral sebagai bagian dari program ini," kata ketua Tim Efektif BAKUGASA  ASNetral, John Abdullah Buluran.

Sedangkan, Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, menyambut baik rencana kerja sama tersebut dan siap mendukung penuh program Bakugasa ASNetral.

Program yang merupakan Proper Kepala Sekretariat Bawaslu Provinsi Malut, Drs Irwan Mhd Saleh ME. Bawaslu Malut secara proaktif mendatangi  Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate dan Tidore Kepulauan (Tikep) untuk pertemuan guna merealisasikan program tersebut.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021