Kepolisian Daerah (Polda), Maluku Utara (Malut) melakukan inovatif meluncurkan aplikasi atau website di bidang pelayanan publik dengan tajuk SI Mudah melalui Quick response Indonesia standar (Qris).

Wakapolda Malut, Brigjen Pol. Eko Para Setyo Siswanto di Ternate, Jumat, mengatakan dalam rangka optimalisasi pelayanan penerimaan negara bukan pajak (PNBP) melalui perubahan teknologi kepolisian modern harus mampu membangun sinergi serta menghasilkan kinerja yang berdampak luas secara eksternal.

Dia menyebut, bahwa dalam perkembangannya, tugas Polri terus ditingkatkan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

"Pada masa pandemi COVID  -19 ini interaksi pelayanan dan pemohon sedapat mungkin dihindari sehingga perlu ada satu sistem yang mudah dalam pelayanan PNBP," ujarnya.

Ada pun manfaat dari aplikasi ini adalah peningkatan pelayanan publik, mudah diakses, mengurangi interaksi sehingga dapat menekan penyebaran COVID-19, menghindari KKN, dana yang masuk langsung terdata, mengurangi beredarnya uang giral serta mencegah beredarnya uang palsu.

Aplikasi yang digagas oleh Kabidkeu Polda Malut, AKBP Muhammad Sahroni, ini semoga dapat bermanfaat dan menjadi proyek perubahan. 

"Semoga aplikasi ini dapat memudahkan pelayanan kegiatan PNBP kepada masyarakat," ujarnya.

Sedangkan, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Malut,  Jeffri Dwi Putra mengucapkan banyak terima kasih dan apresiasi kepada Polda setempat atas diluncurkannya aplikasi ini. 

"Besar harapan, kami benar-benar dapat digunakan di Polda Malut serta dapat menjadi contoh Polda  - Polda lain," katanya.

Kegiatan yang turut dihadiri pejabat utama Polda Malut, Kepala Cabang Bank BRI, Mandiri dan BTN .tersebut juga dilaksanakan penandatanganan MoU antara Polda Malut dengan Perwakilan Bank Indonesia Malut.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021