Ratusan warga antusias mengikuti program "Serbuan Vaksinasi COVID-19" yang digelar di Pangkalan TNI AL (Lanal) Saumlaki Kecamatan Tanimbar Selatan, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku.

Komandan Pangkalan TNI AL Saumlaki Letkol Laut (P) Ridwan Rizky Musa di Lanal Saumlaki, Selasa, mengatakan jumlah warga yang mendaftar mencapai 279 orang.

"Antusias masyarakat terbilang tinggi," ujarnya.

Baca juga: Lanal Saumlaki gelar Serbuan Vaksinasi untuk warga pesisir Maluku, begini penjelasannya

Jumlah warga yang mendaftar untuk mengikuti vaksinasi lebih tinggi dibandingkan dengan vaksinasi massal sebelumnya yang digelar oleh Lanal Saumlaki pada 30 Juni 2021 dan diikuti 70 orang.

Dia menyebutkan kegiatan tersebut melibatkan tim vaksinator dari Balai Pengobatan Lanal Saumlaki yang diketuai Pgs. Kepala Balai Pengobatan Pangkalan TNI AL Saumlaki Letda Laut (K) dr. Dipta Bagus Yudha Pratama. Dipta Bagus dibantu oleh Bintara Pembina Potensi Maritim (Babinpotmar) Lanal Saumlaki serta Personel Lanal Saumlaki, dan para ibu Jalasenastri Cabang 3 Korcab IX DJA III.

"Sasaran vaksin ini adalah masyarakat yang berada di desa pesisir dan pelabuhan. Jenis vaksin yang digunakan adalah Sinovac," katanya.

Baca juga: Lanal Tual dan Pemkab Malra tingkatkan cakupan vaksinasi COVID-19, begini penjelasannya

Ia mengatakan tim vaksinator menunda pemberian vaksin bagi 30 orang yang telah mendaftar karena saat pemeriksaan ada yang mengalami tekanan darah tinggi dan alasan kesehatan lainnya.

"Diharapkan kepada warga yang belum melaksanakan vaksin agar segera mengikuti kegiatan vaksinasi yang diprogramkan oleh pemerintah guna memutus mata rantai penyebaran virus COVID-19, dan bagi warga yang sudah melaksanakan vaksin agar tetap mematuhi protokol kesehatan," ujarnya.

Ridwan menyatakan kegiatan itu terus-menerus digalakkan oleh seluruh jajaran TNI Angkatan Laut di seluruh daerah hingga pelosok negeri.

"Demikian halnya Pangkalan TNI Angkatan Laut Saumlaki juga secara aktif terus menerus melaksanakan serbuan vaksin untuk kesehatan masyarakat maritim di Kabupaten Kepulauan Tanimbar," katanya.

Ia mengatakan pelaksanaan vaksinasi tersebut serempak dilaksanakan jajaran TNI AL di seluruh Indonesia, ditinjau langsung secara virtual oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Jalasenastri Cabang 3 Korcab IX Daerah Jalasenastri Armada III, Metty Ridwan Musa, Kasdim 1507/Saumlaki, Wakapolres Kepulauan Tanimbar, Assisten bidang Administrasi Umum Setda Kepulauan Tanimbar serta pejabat terkait lainnya.

Baca juga: Kasal resmikan dermaga Lanal Saumlaki

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021