Kalangan legislator meminta Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara (Malut) intensif memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan pentingnya vaksinasi COVID-19, terutama di daerah pesisir.

"Memang, pemahaman masyarakat di pesisir belum mendapatkan edukasi dan sosialisasi soal pentingnya vaksinasi, sehingga perlu peran Dinkes dan jajaran kembali melakukan sosialisasi kepada masyarakat Loloda, bukan hanya sebelum vaksin akan tetapi efek yang dirasakan oleh warga ketika mendapat vaksin," kata Ketua Komisi III DPRD Halmahera Utara Sahril Hi Rauf di Ternate, Selasa.

Ia menyebutkan untuk edukasi itu, Dinkes dan jajaran perlu melakukan pemantapan secara internal terkait dengan keamanan vaksin hingga sosialisasi sebelum dan sesudah memberikan vaksin kepada calon penerima.

Sebab, katanya, masyarakat di Loloda sebagian besar masih bingung terkait dengan manfaat vaksin tersebut dalam menekan penularan COVID-19.

Ia menekankan pentingnya Dinkes lebih fokus kepada sosialisasi sebelum memberikan vaksin sehingga warga yang memiliki penyakit bawaan atau penyakit kronis bisa didiagnosa secara sempurna, sedangkan dampak setelah pemberian vaksin bisa ditangani secara efektif.

Baca juga: Stok obat-obatan di apotek Kabupaten Halmahera Utara langka, begini penjelasannya

Selain itu, Dinkes harus lebih bertanggung jawab ketika pascavaksinasi ada warga yang mengalami gejala gangguan kesehatan, antara lain melalui pemberian vitamin atau obat lainnya.

"Jika pascavaksin ada warga yang drop apakah ada penanganan obat-obatan yang diberikan atau tidak. Ini harus dijadikan catatan untuk Dinkes dan saya bukan bersifat menggugurkan kewajiban pemerintah tetapi saya berkewajiban atas kesehatan masyarakat," ujarnya.

Ia juga mengemukakan tentang pentingnya keamanan vaksin, antara lain harus berada di bawah suhu 8 derajat Celcius sehingga bergantung pada listrik untuk mengatur dan menjaga suhu "freezer", sementara listrik di Loloda pelayanannya belum optimal.

"Listrik di Loloda, kadang mati dari pagi sampai malam dan ini jika vaksin dibawa ke Loloda keamanannya bisa terjamin sebelum diberikan ke masyarakat atau tidak. Ini juga harus menjadi perhatian Dinkes dengan menyediakan mesin genset agar menjaga suhu keamanan vaksin. Ini sudah saya koordinasikan dengan kepala puskesmas di sana dan yang menjadi kendala hal-hal tersebut," katanya.

Baca juga: Satgas: Kasus COVID-19 di Halmahera Utara didominasi karyawan tambang, begini penjelasannya
Baca juga: Angka pasien aktif COVID-19 di Malut terus melonjak, terapkan Prokes
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021