Wali Kota Ternate, Tauhid Soleman bersama Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut)  berkomitmen untuk menjadikan seluruh kelurahan di daerahnya harus bersih dari peredaran narkoba.

"Pemkot Ternate akan sinergi dengan BNNP Malut untuk menjadikan Ternate Kota Tanggap Ancaman Narkoba(KOTAN)," katanya di Ternate, Rabu.

Pernyataan Wali Kota Tauhid  yang bersama Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Wisnu Handoko dalam kegiatan bimbingan teknis kecakapan hidup bagi masyarakat  kawasan rawan narkoba di wilayah perkotaan, meluncurkan Ternate sebagai KOTAN dan Kelurahan Dufa Dufa Sebagai Kelurahan Bersih Narkoba (Bersinar).

Selain itu, penyerahan surat tugas dari kepala BNNP Malut kepada Hj.Ade Noho sebagai perwakilan masyarakat Dufa Dufa untuk mewujudkan Kelurahan tersebut   Bersinar.

Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Wisnu Handoko menyatakan, penanganan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba membutuhkan dukungan seluruh elemen masyarakat.

Dicontohkan, 26 desa/ kelurahan di Kota Ternate tercatat rawan narkoba dengan kategori waspada.

Khusus kecakapan hidup dilaksanakan pelatihan pembuatan bakso ikan tuna kepada sejumlah 15 ibu rumah tangga yang dilatih empat instruktur dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate.

Peserta pelatihan diberikan teori dan praktek pembuatan bakso secara manual dengan menggunakan tangan, selanjutnya di hari kedua dilatih dengan menggunakan mesin pembuatan bakso.

Koordinator Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNP Malut, Hairuddin Umaternate, sebagai penanggung jawab kegiatan mengemukakan, kegiatan kecakapan hidup ini sebagai upaya agar masyarakat memiliki keberdayaan secara ekonomi dan diharapkan dapat mengembangkan wirausaha secara mandiri. 

Para para ibu peserta pelatihan juga akan akan didampingi Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate dalam  membantu  mereka mengembangkan usahanya.


 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021