Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Maluku Utara (Malut) melakukan pelatihan bagi 18 petugas rehabilitasi bagi pecandu narkoba melalui kegiatan Peningkatan Kompetensi Petugas Rehabilitasi Melalui Pelatihan Ketrampilan Konseling Dasar dan Intervensi Krisis atau UTC 4 dan 7.

Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Wisnu Handoko di Ternate, Selasa, menyatakan, pelatihan ini untuk melakukan pendampingan bagi pecandu narkoba yang menjalani rehabilitasi.

Sebab, akibat narkoba, mengakibatkan kerugian sosial ekonomi dan Jiwa akibat penggunaan Narkoba, prevelensi pengguna narkoba di Malut dan kebijakan dan strategi bidang rehabilitasi dan kebijakan baru intervensi berbasis masyarakat.

Menurut dia, kegiatan ini tujuannya memberikan proses belajar dan kemampuan konseling dasar dalam memberikan layanan di berbagai tatanan terapi baik rawat jalan maupun rawat inap. Ada18 peserta yang berasal dari BNNP Malut BNNK Tidore Kepulauan, RSUD CB PKM Kalumata dan Klinik Annalevi Jailolo. 

Sebelumnya, BNNP Malut intensif tanggap ancaman narkoba dengan melakukan penandatanganan MoU dengan Pemerintah Kota Ternate melalui sinkronisasi program dan konsolidasi kebijakan kabupaten/kota. Brigjen Pol Wisnu Handoko menyatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan yakni untuk menyelaraskan dan mensinergikan Kebijakan Pemerintah Kabupaten/Kota untuk mendukung pelaksanaan Program P4GN.

Disampaikan juga, masalah narkoba adalah masalah bersama karena itu diharapkan peran serta dari seluruh komponen bangsa baik Instansi Pemerintah, Instansi Swasta, Lingkungan Pendidikan dan Lingkungan  masyarakat._

Selanjutnya Kepala BNNP menyatakan, strategi dan kebijakan P4GN menuju Malut Bersinar, dimana disampikan Narkoba merupakan musuh  bersama dan langkah pencegahan dimulai dari Keluarga untuk menciptakan ketahanan keluarga menuju Indonesia Bersinar.

Baca juga: BNN Malut gelar deklarasi "perang" lawan narkoba di lingkungan pendidikan
Baca juga: Kepala BNN temui Gubernur Malut kampanye anti narkoba

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021