Kapolda Maluku Utara (Malut),  Irjen Pol Risyapudin Nursin, bersama rombongan  meninjau kegiatan Vaksinasi Merdeka di Halmahera Utara sebagai salah satu lokasi vaksinasi serentak pada 96 titik di seluruh Indonesia.

"Untuk Malut dilaksanakan di Universitas Halmahera Utara (Unira) di Tobelo," kata Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Adip Rojikan, dihubungi dari Ternate, Kamis.

Dia menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan upaya dalam mendorong percepatan vaksinasi di Malut, mengingat capaian vaksinasi di Malut masih rendah.

Selain melaksanakan peninjauan langsung, Kapolda Malut juga membagikan bingkisan, tali asih serta bakti sosial dalam kegiatan tersebut dengan harapan dapat sedikit membantu mahasiswa serta masyarakat di masa pandemi COVID-19.

Dalam peninjauannya Kapolda turut didampingi oleh Irwasda Polda Malut, Dir Binmas maupun Dir Intelkam dan Dir Polairud Polda Malut, Kapolres Halmahera Utara serta Bupati Halmahera Utara Ir. Frans Manery, Pimpinan DPRD Halmahera Utara, Dandim 1508/Tobelo, Kepala Pengadilan Tobelo, Kajari Tobelo dan Ketua Umum GHIM yang merupakan Ketua Dewan Pembinaan Unira.

"Semoga dengan kegiatan ini, ke depan semakin banyak kegiatan serupa guna mensukseskan percepatan vaksinasi di Malut untuk mewujudkan herd immunity menuju Malut aman dan sehat," ujarnya.

Sementara itu, sejumlah kelurahan di Kota Ternate intensif membuka layanan vaksinasi COVID-19 kepada warganya guna meningkatkan percepatan vaksinasi bagi masyarakat.

Lurah Salero, Mega Amra, misalnya, menyatakan, pihaknya telah melakukan kebijakan inovatif dengan menggandeng tiga pilar TNI/Polri melalui Babinsa dan Babinkamtibmas bersama tenaga medis untuk melakukan vaksin COVID-19 kepada warga setempat.

Bahkan, puluhan warga setempat antupihaksias untuk melakukan vaksinasi yang difasilitasi oleh kelurahan setempat.

"Kami menggandeng tiga pilar lengkap untuk mengawal pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Salero," katanya.

Dalam pelaksanaan vaksin itu, kata Mega, vaksin yang disediakan sebanyak 100 dosis dan dikhususkan bagi warganya yang berkeinginan untuk vaksin.

"Tentunya, kalau ada warga lainnya yang ingin melakukan vaksin tetap diterima sebagian bagian dari upaya melakukan percepatan vaksin di wilayah Ternate dan Malut," katanya.

Dia mengakui, dalam pelaksanaan vaksinasi di Salero itu, Alhamdulillah sampai saat ini masih terus dilakukan vaksinasi dan warga terus berdatangan, sehingga target 100 vaksin hari ini bisa terealisasi.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021