Jajaran Korem 151 Binaya mengisi peringatan HUT ke-76 TNI dengan menggelar penyelaman untuk mengangkat sampah-sampah di dasar laut pantai Tapal Kuda, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku.

"Aksi bersih laut ini melibatkan puluhan personil Korem Binaya untuk mengangkat sampah di dasar laut pantai Tapal Kuda," kata Danrem 151/Binaya, Brigjen TNI Arnold A.P. Ritiauw, di Ambon, Kamis.

Danrem Arnold turun langsung dan ikut menyelam bersama puluhan personil untuk mengangkut sampah, terutama sampah plastik yang berada di kedalaman 10 meter di dasar laut pantai tersebut.

Aksi tersebut juga melibatkan sejumlah penyelam dari Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IX Ambon dan anggota Pattimura Diving Club (PADIC) Ambon.

Aksi yang digelar memeriahkan HUT ke-76 TNI yang jatuh pada 5 Oktober, katanya, merupakan bentuk sumbangsih jajaran TNI untuk menjaga kelestarian sumber daya laut, apalagi pantai Tapal Kuda saat ini sudah menjadi salah satu objek wisata bagi masyarakat Ambon.
Berbagai jenis sampah yang berhasil diangkut personil TNI dari di dasar laut pantai Tapal Kuda, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon

"TNI merasa terpanggil untuk melakukan aksi menyelamatkan ekosistem laut dari pencemaran sampah plastik, apalagi pantai Tapal Kuda saat ini telah menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Ambon," katanya.

Melalui aksi itu, Danrem mengimbau warga Kota Ambon, terutama yang bermukim di sekitar pantai Tapal Kuda untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah, terutama plastik ke laut, karena dampaknya merusak terumbu karang.

"Mari bersama-sama menjaga kebersihan laut dan pesisir sebagai aset dan kekayaan kita bersama di masa mendatang. Jangan membuang sampah plastik karena selain sulit diurai juga berdampak merusak terumbu karang," katanya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021