Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengapresiasi upaya Kapolda Maluku Utara (Malut) Irjen Pol Risyapudin Nursin yang dinilai berhasil mendorong percepatan vaksinasi COVID-19 bersama alumni Akabri 89.

"Terima kasih banyak kepada Bapak Kapolda atas stateginya yang sangat luar biasa dalam menggunakan pendekatan sosial dengan mengimplementasikan kemampuan kita dalam Operasi teritorial dan Operasi Binmas sehingga permasalahan yang ada di Maluku utara dapat diselesaikan dengan baik," kata Panglima TNI lewat video konfrens saat memantau secara virtual pelaksanaan vaksinasi serentak Alumni Akabri 89, di Ternate, Kamis..

Tambah Panglima, stategi tersebut sangat bagus mengingat wilayah Malut kalau dilihat secara geografis rata-rata adalah wilayah kepulauan dan secara demografi juga terpisah-pisah menjadi beberapa bagian wilayah.

Kegaiatan tersebut turut diikuti oleh Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, dan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo.

Di Maluku Utara sendiri pelaksanaan vaksinasi serentak alumni Akabri 89 dipusatkan di halaman Water Boom Ternate, yang juga dihadiri oleh Kabinda Maluku Utara, KA BNNP Maluku Utara, Pejabat Utama Polda Maluku Utara, Danlanal Ternate, Kasiter Korem 152/Babullah, dan Kapolres Ternate.

Baca juga: Kapolda Malut tinjau Vaksinasi Merdeka di Halmahera Utara, perangi COVID -19

Sementara, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam menghadapi Pandemi COVID-19 diharapkan semua masyarakat kompak dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Saya yakin dan percaya bahwa kalau semua angkatan dan semua kelompok masyarakat serta kita semua berbuat yang sama, percayalah tidak ada rakyat kita yang merasa sendirian menghadapi kesulitan dalam satu setengah tahun ini". ucapnya.

Ketua MPR RI juga mengatakan bahwa TNI-Polri merupakan kunci dalam penanganan pandemi COVID-19 dengan vaksinasi di Malut. 

"Sinergi TNI-Polri di Malut merupakan kunci dalam melaksanakan tugas yang mulia ini, dan kita memiliki kewajiban melindungi seluruh masyarakat Indonesia dari bahaya covid-19 dengan cara kita melaksanakan vaksinasi secara massal dan terus kita lakukan sampai memenuhi target immunity 70%," ujarnya.

Baca juga: Kapolda Malut salurkan bantuan ke ponpes dan panti asuhan, perangi COVID -19

Sementara itu, Kapolda Malut, Irjen Pol Risyapudin Nursin yang melaksanakan dialog bersama Panglima TNI menyampaikan bahwa dalam memperingati 33 Tahun Pengabdian Alumni Akabri 89 di Maluku Utara, telah melakukan strategi dengan pendekatan kepada masyarakat dengan rangsangan sosial berupa paket sembako dan doorprize yang disediakan dengan harapan dapat menarik minat masyarakat untuk datang di gerai vaksin guna melaksanakan vaksinasi.

Tambahnya dalam penyampaian ke Panglima terkait percepatan Vaksinasi, Kapolda menyampaikan bahwa kegiatan pemberian sembako setiap harinya akan disalurkan

"Setiap harinya kami salurkan kurang lebih 500 sampai 1.000 paket sembako untuk masyarakat, dan InsyaAllah kami akan laksanakan hingga desember nanti, bukan hanya pada saat ini saja, dan kami akan laksanakan hingga capaian kami 70%, walapun berat sesuai target, namun akan kami upayakan untuk dapat mencapai di antara 40 sampai 50%," katanya.

Merespon penyampaian Kapolda Maluku Utara, Panglima TNI mengapresiasi langkah dan Strategi yang dilakukan Kapolda beserta jajaran TNI-Polri di Malut.

Baca juga: Kapolda Malut pimpin serah terima jabatan dua pejabat utama, sukses berkarier

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021