Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menggelar turnamen olahraga futsal dan voli di Kota Ambon, Provinsi Maluku, dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-76 Marinir. 

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Ini terkait juga dengan situasi pandemi COVID-19 yang terjadi pada  dua  tahun belakangan ini," kata Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Danyonmarhanlan) IX/ Ambon Letkol (Mar) Syahrial Isnadie, di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan pihaknya sengaja memilih dua olahraga tersebut untuk menarik animo masyarakat di Kota Ambon. Kegiatan ini pun, sudah disiapkan sejak satu tahun yang lalu. 

Kegiatan tersebut diikuti perwakilan dari tiap-tiap daerah di Kota Ambon dengan jumlah peserta putra 50 orang, dan putri 16 orang.

"Kegiatan ini mengundang masyarakat untuk berolahraga bersama-sama. Di satu sisi juga untuk memperkenalkan untuk masyarakat bahwa ada Marinir selain Lantamal (Ambon)," ujar Syahrial. 

Ia mengemukakan, Marinir sudah mempunyai fasilitas olahraga voli dan futsal, di mana terbuka untuk masyarakat umum di Kota Ambon. "Mungkin ke depannya diharapkan bisa mengajak masyarakat juga kalau memang bingung tidak tahu mau olahraga di mana, nah di Halong ada lapangan futsal dan voli Marinir," katanya.

Menurut dia, turnamen tersebut tetap menerapkan protokol kesehatan terutama saat pendaftaran meski Kota Ambon kini berada pada level 1 PPKM. 

"Walau pun (Ambon) sudah menuju zona hijau, tetapi pada saat proses pendaftaran dan pemeriksaan para atlet yang akan bertanding itu semua kita laksanakan secara ketat sesuai dengan prokes," ujar Syahrial. 

Terkait dengan penanganan pandemi COVID-19 di Ambon, ia mengatakan sampai sekarang Lantamal IX/Ambon masih melaksanakan vaksinasi kepada masyarakat. 

"Kita juga menunjukkan kepada masyarakat kalau kita (Marinir) menjunjung tinggi dan benar-benar bekerja sama dengan pemerintah dalam proses untuk pembeberan rasa COVID-19," tandasnya. 
 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021