Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mendukung penuh proses revitalisasi benteng Nieuw Victoria di kota Ambon

"Kami mendukung penuh proses revitalisasi benteng Niew Victoria. Ayo silahkan tidak ada yang kami hambat, " katanya di Ambon, Kamis.

Ia mengatakan, dirinya telah bertemu Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Jakarta sejak 2020 untuk membahas revitalisasi benteng Nieuw Victoria.

"Saya waktu itu menjabat Kasad, dan bukan hanya untuk benteng Victoria, tetapi banyak tiktik di seluruh Indonesia. Intinya kami sangat fleksibel, " katanya.

Panglima meyakini bahwa titik atau lokasi yang ditempati, mungkin bisa digunakan untuk kepentingan umum yang lebih besar apalagi benteng Niew Victoria.

Peraturan yang mengikat hanya dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yakni terkait aset.

"Kita sejak 2020 sudah sepakat. Ayo monggo, saya yakin akan jauh lebih besar manfaatnya jika dikelola Pemkot Ambon.intinya kami sangat mendukung," tandas Panglima.

Baca juga: Benteng Nieuw Victoria di Ambon terima sertifikat cagar budaya nasional, begini penjelasannya

Benteng Nieuw Victoria awalnya dibangun oleh orang-orang Portugis pada 1575 dan diberi nama Nossa Senhora Annucida. Namun,  kemudian direbut oleh Belanda pada 1605 dan berganti nama dengan Victoria yang berarti kemenangan. Sekitar 1754 gempa besar mengguncang Kota Ambon, benteng yang dijadikan pusat pemerintahan kolonial Belanda di Maluku itu mengalami kerusakan parah, setelah direnovasi benteng itu berganti nama dengan Nieuw Victoria yang artinya kemenangan baru.

Rencana TNI AD untuk memindahkan Makodam Pattimura dari Benteng Nieuw Victoria sebenarnya sudah mengemuka sejak 2016.

Mayjen TNI Doni Monardo, yang saat itu menjabat Pangdam XVI Pattimura menyatakan akan mengembalikan cagar budaya nasional itu kepada Pemkot Ambon dan menyetujui dilakukan tukar guling, yang artinya pemerintah setempat menyiapkan lahan pengganti untuk Makodam Pattimura.

Berdasarkan data Cagar Budaya Kemendikbud, Benteng Nieuw Victoria merupakan situs cagar budaya peringkat nasional yang tercantum pada SK Menteri No 193/M/2017 pada 14 Juli 2017.

Baca juga: Tim kajian sampaikan rekomendasi pengembangan benteng Niew Victoria, begini pertimbangannya
Baca juga: Dirjen Kebudayaan-Pemkot Ambon MOU kajian situs cagar budaya Benteng Victoria

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021