Sejumlah rangkaian persiapan dan kegiatan menuju pembukaan MTQ ke XXIX tingkat Kabupaten Maluku Tenggara menuju acara pembukaan digelar Pemerintah setempat 

Persiapan oleh Pemda Malra yakni arena MTQ yang dipusatkan di Ohoi Danar Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan.

Sementara kegiatan yang dilaksanakan menuju pembukaan yang dijadwalkan malam ini, diantaranya pelepasan 11 kontingen MTQ dari Kantor Bupati Ke Ohoi Danar.

Kemudian Pelantikan Majelis Hakim dan pawai Ta'aruf kafilah yang akan berlaga pada ajang pelaksanaan MTQ ke -XXIX tingkat Kabupaten Malra.

Bupati Malra, M Thaher Hanubun dalam pelaksanaan pawai Ta'aruf yang disampaikan Ketua LPTQ Malra, Ahmad Yani Rahawarin yang juga Sekretaris Daerah Pemkab Malra menyatakan, (Jumat) pawai Ta'aruf merupakan wujud ekspresi suka cita dalam melaksanakan penyelenggaraan MTQ, yang diwujudkan dengan menampilkan berbagai bentuk dan ragam kreasi yang inovasi.

Diiharapkan dari kegiatan ini akan dapat memberikan semangat dan motivasi dalam memeriahkan event daerah yang strategis ini.

Selain itu, melalui kegiatan pawai Ta'aruf ini, diharapkan dapat dijadikan momentum untuk mempererat Ukhuwah Islamiah antara pemerintah dan masyarakat, dan antar sesama masyarakat, serta menjadi ajang syiar Islam ke tengah masyarakat tentang ajaran Islam yang aman, damai dan saling menjaga toleransi, baik antar sesama muslim maupun antar umat beragama.

Disamping itu, kegiatan Pawai Taaruf yang di gelar ini adalah sebagai contoh keberagaman dan heterogennya masyarakat Kabupaten Malra dalam seni, religi dan budayanya, namun tetap satu dan selalu berdampingan, serta saling toleransi antar sesama. 

Semoga tradisi baik dan Islami ini, dapat terus dipertahankan dan ditumbuh-kembangkan secara berkelanjutan di waktu-waktu mendatang. 

Kesempata ini, saya ingin mengajak kepada kaum muslimin dan muslimat khususnya, dan seluruh elemen masyarakat Malra umumnya, untuk bersinergi mendukung dan menyukseskan penyelenggaran MTQ ke XXIX Tingkat Kabupaten Malra ini, dengan saling menjaga kerukunan antar umat beragama dan saling hormat menghormati dalam menjalankan ibadah masing-masing.

Kita berharap melalui event MTQ ini, dapat memberikan pencerahan bagi kita semua, dalam mewujudkan Kabupaten Maluku Tenggara yang Religius dan Sejahtera, tutupnya.

Baca juga: Pemkab Malra kejar target vaksinasi 70 persen, begini penjelasannya
Baca juga: Setelah 16 Tahun Terbengkalai, Atap Gedung Gereja Baru Ur Pulau Malra Ditutup

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021