Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-XXIX tingkat Kabupaten Maluku Tenggara tahun 2021, diharapkan dapat menghasilkan peserta yang siap berkompetisi dan mengharumkan nama daerah pada ajang Provinsi maupun Nasional.

Harapan ini dikemukakan Bupati Maluku Tenggara (Malra), M Thaher Hanubun pada pembukaan MTQ ke-XXIX tingkat Kabupaten Malra di Ohoi Danar Kecamatan Kei Kecil Timur Selatan, Jumat malam.

"Kepada seluruh kafilah, saya harap dapat mengikuti perlombaan MTQ dengan baik, tunjukan bahwa kalian adalah utusan terbaik dari setiap Kecamatan yang mempunyai kemampuan, pengetahuan dan pemahaman terhadap Al-Quran. Hingga pada akhirnya kita akan mendapatkan qori dan qoriah, hafidz dan hafidzah terbaik dari Malra yang akan mewakili daerah ini pada event MTQ tingkat Provinsi Maluku yang akan dilaksanakan nanti di Saumlaki Kabupaten Kepulauan  Tanimbar tahun depan, kemudian ke tingkat Nasional," kata Thaher.

Namun, yang paling utama diharapkan adalah melalui  MTQ ini, bukan hanya semata-mata dijadikan sebagai arena perlombaan untuk mendapatkan kemenangan dan penghargaan semata serta mewakili daerah nantinya, tetapi lebih dari itu dapat memotivasi masyarakat terutama generasi muda menghidupkan tradisi mencintai dan memuliakan Al-Quran.

Dijelaskan, penyelenggaraan MTQ ini merupakan momentum yang sangat penting dan memiliki nilai strategis dalam upaya menumbuhkembangkan semangat dan minat baca Al-Quran dikalangan masyarakat, guna meningkatkan pemahaman dan pengetahuan terhadap isi kandungan Al-Quran untuk dijadikan pegangan dan pedoman dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Baca juga: MTQ Tingkat Kabupaten Maluku Tenggara Ke-29 Siap Digelar

Pasalnya, dimasa sekarang ini generasi Islam sudah sangat jauh dari nilai-nilai Al-Qur`an, baik laki-laki maupun perempuan, muda maupun tua, siang ataupun Malam, dikota maupun di desa, banyak dipengaruhi oleh perkembangan informasi dan teknologi lebih khusus disibukan dengan Media Sosial (Medsos) baik itu facebook, tiktok, game dan lainnya, ujar Thaher.

Untuk itu, atas nama Pemda, saya menyambut baik diselenggarakan kegiatan MTQ ke XXIX, semoga dengan MTQ kita dapat menanamkan kesadaran untuk berperilaku sesuai nilai-nilai Al-Quran sekaligus menjaga dan menjamin kemurnian Al-Quran itu sendiri, pungkas Thaher.

Pantauan Antara, pembukaan MTQ ke-XXIX tingkat Kabupaten Malra dihadiri langsung oleh Sekertaris Daerah, Anggota DPRD Provinsi, Muspida, Muspika, Tokoh Adat/Agama, BUMN/BUMD, instansi vertikal lainnya, Pimpinan OPD dan jajarannya, dab juga peserta ataupun Khalifah perwakilan dari 11 Kecamatan serta masyarakat.

Selain itu turut hadir Sulis penyanyi lagu Islami yang cukup dikenal di Indonesia, yang tampil menghibur dengan membawakan sejumlah tembang Islami dan memberi semangat kepada para Khalifah dan semua tamu undangan dan juga masyarakat pada pembukaan MTQ tersebut.

Sulis sebelum membawakan tembang Islami dikesempatan tersebut, ia mengapresiasi plularisme pada pelaksanaan ajang MTQ ke XXIX di Malra.

"Saya menghadiri banyak pelaksanaan MTQ di daerah-daerah ketika di undang, namun yang saya dapat di daerah ini sangat berkesan, karena keterlibatan penganut agama lain yakni Kristiani untuk tampil mengisi acara pada MTQ, ini luar biasa bagi saya," cetus Sulis.

Baca juga: Pemkab Malra kejar target vaksinasi 70 persen, begini penjelasannya
Baca juga: Setelah 16 Tahun Terbengkalai, Atap Gedung Gereja Baru Ur Pulau Malra Ditutup

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021