Tim SAR Gabungan dan masyarakat Galela, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara, berhasil menemukan M Bahrun (57), seorang warga Desa Soasio yang sempat hilang di Sungai Tiabo saat mencari ikan dalam kondisi meninggal dunia.

Kepala Basarnas Ternate Muhamad Arafah dihubungi dari Ternate, Minggu, mengatakan, korban ditemukan saat operasi SAR hari ketiga dan pencarian yang dimulai pukul 07.30 WIT, akhirnya membuahkan hasil.

Di mana, pada Minggu(19/120,  sekitar pukul 12.30 WIT, korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia oleh SRU Darat di koordinat 1.02 km/Radian 123.22° dari LKP, selanjutnya korban dibawa ke Desa Soasio Galela.

Pada pukul 13.30 WIT, Tim SAR Gabungan tiba di Desa Soasio Galela dan langsung menyerahkan korban kepada keluarga sekaligus melaksanakan debreafing.

Dengan telah ditemukannya korban, maka operasi SAR pun ditutup dengan hasil  satu orang korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia dan semua unsur yang terlibat dikembalikan kesatuan masing-masing.

Sebelumnya, Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate melalui Pos SAR Tobelo Jumat (17/12) menerima laporan Muhlan Ando kalau saudara mereka belum kembali dari sungai Tiabo Galela Halmahera Utara saat pergi mencari ikan sejak 13 Desember 2021.

Kronologis singkat, pada 13 Desember pukul 08.00 WIT, korban pergi ke Sungai Tiabo untuk mencari ikan..

Setelah mendapat laporan, pada pukul 21.10 WIT, Satu Tim Rescue Pos SAR Tobelo digerakkan menuju ke Desa Soasio Galela untuk berkoordinasi dengan keluarga korban serta masyarakat setempat, selanjutnya melakukan operasi pencarian. Jarak dari Pos Tobelo 36,4 KM.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021