Polresta Ambon menyelidiki nsiden tewasnya seorang Warga Negara Asing (WNA) Myanmar bernama Te Mau Dong, yang ditemukan gantung diri di dalam ruang tahanan Kantor Imigrasi Kelas I Ambon, Provinsi Maluku, pada 29 Desember 2021.

"Korban diduga keras melakukan bunuh diri dengan cara menggantung diri sesuai hasil rekaman kamera pengintai (CCTV-Red) dan tidak terdapat tanda-tanda kekerasan pada tubuhnya," kata Kasubag Humas Polresta Pulau Ambon dan PP Lease, Ipda I. Leatemia di Ambon, Kamis.

Menurut dia, korban ditemukan dalam posisi tergantuna sekitar pada Rabu, (29/12) malam sekitar pukul 20.00 WIT oleh seorang petugas kebersihan bernama Marlon Tanamal (37).

Baca juga: Polres Halut ungkap kasus bunuh diri pemuda karena motif cemburu

Saksi Marlon yang merupakan petugas kebersihan Kantor Imigrasi Ambon ini menjelaskan, sekitar pukul 18.00 WIT, ia datang ke kantor Imigrasi untuk mengantarkan pakaian  milik pegawai kantor setempat.

Saat kembali, dirinya disapa oleh pegawai kantor yang sementara piket atas nama Achmad (23).

Dirinya menjawab sapaan sapaan tersebut dan dimintakan oleh saksi Achmad untuk mengecek Te Mau Dong yang berada di dalam ruangan sel ruang detensi imigrasi. Saksi memanggil nama korban namun tidak dijawab.

Karena tidak ada jawaban dari korban sehingga saksi Marlon dan saksi Achmad langsung membuka pintu sel, dan melihat secara langsung keberadaan korban di dalam ruangan sel namun tidak terlihat.

Kemudian karena merasa penasaran, saksi Marlon langsung masuk mengecek ke dalam kamar mandi yang masih berada di dalam ruangan sel melalui  bagian atas ventilasi.

"Pada saat itu terlihat korban sudah dalam keadaan tergantung dengan seutas tali tepat di atas bak mandi," katanya.

Mengetahui kejadian tersebut, pihak imigrasi langsung melaporkan insiden itu ke Polresta Ambon.

Beberapa saat kemudian pihak kepolisian Polresta Ambon datang dan melakukan olah TKP dan memeriksa kondisi korban yang berada di dalam kamar mandi.

Pada pukul 22.37 WIT olah TKP oleh tim Indentifikasi Polresta Ambon telah selesai dilaksanakan, selanjutnya Jenazah langsung diangkat dan dibawa dengan menggunakan mobil dinas Polsek Nusaniwe menuju RSUD Dr Haulussy Ambon untuk mendapat tindakan medis lebih lanjut.

Baca juga: Polda Maluku: Polisi yang bunuh diri di MBD diduga karena depresi, begini penjelasannya

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021