Kepolisian Resor Ternate, Maluku Utara (Malut) menyatakan, menjelang pergantian tahun 2021 ke 2022, akses jalan dari dan ke pusat kota akan ditutup guna mencegah terjadinya kerumunan saat tahun baru.

"Sesuai jadwal, akses jalan ke pusat kota akan mulai ditutup untuk arus lalulintas sepanjang jalan Revolusi sampai depan Masjid Almunawar dan Lapangan Ngaralamo Ternate dalam omentum malam pergantian tahun 2021 menuju 2022 pada Jum'at (31/12) sekitar pukul 20.30 WIT hingga 02.00 dini hari," kata Kasubbag Humas Polres Ternate, Ipda Wahyuddin di Ternate, Jumat.

Dia mengatakan untuk menghindari kerumunan pada saat malam pergantian tahun 2021 menuju 2022 Polres Ternate bersama jajaran dan Unsur terkait akan melakukan penutupan arus lalulintas sepanjang jalan Revolusi sampai depan Masjid Almunawar dan Lapangan Ngaralamo Ternate. 

Wahyudin menyatakan, Kapolres telah meminta masyarakat kota Ternate untuk selalu menjaga situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif pada saat pergantian tahun 2021 menuju tahun  2022.

Baca juga: Polresta Ambon sekat 17 titik pada malam pergantian tahun, warga taati aturan

Oleh karena itu, Polres Ternate meminta kepada seluruh masyarakat pada pergantian tahun 2021 menuju tahun 2022 untuk tidak melakukan konvoi atau pawai-pawai yang menyebabkan kerumunan massa dan mengganggu arus lalu lintas dan apabila masih ditemukan akan kami tindak sesuai peraturan yang berlaku.

Dirinya meminta agar masyarakat menjaga Kota Ternate tetap aman, damai dan sehat terhindar dari Covid-19, tetap dirumah berdoa dan berdzikir di malam pergantian tahun 2021 menuju tahun 2022," ujar Kapolres.

Sementara itu, Polda Malut mengimbau seluruh masyarakat di daerah ini bersama-sama menjaga suasana kamtibmas dengan tidak melakukan tindakan-tindakan dapat melanggar hukum, terutama dalam momentum pergantuan tahun.

Kabid Humas Polda Malut, Kombes Pol Adip Rojikan mengatakan, keamanan dapat terwujud apabila ada kesadaran dari semua pihak untuk saling menjaga dan saling mengingatkan satu sama lain untuk tidak melakukan kegiatan atau tindakan yang melanggar hukum.

Dia menyatakan, jajaran Polda Malut telah mengeluarkan imbauan dan meminta masyarakat jaga situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif jelang pergantian tahun 2021 menuju tahun  2022.

Dirinya mengajak kepada seluruh masyarakat Maluku Utara untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat tetap kondusif jelang pergantian tahun.

Dia meminta seluruh masyarakat pada pergantian tahun 2022 untuk tidak melakukan konvoi atau pawai-pawai yang menyebabkan kerumunan massa dan mengganggu arus lalu lintas.

Baca juga: Polda Maluku lakukan penyekatan malam tahun baru antisipasi COVID-19, warga hendaknya patuhi aturan
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021